by

SMP IT Plus Bazma Brilliant Bukit Datuk Dumai Belum Akreditasi, Ini Penjelasan Kepsek

DUMAI,WARTAPENARIAU.com-Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Plus Bazma Brilliant, adalah salah satu sekolah swasta keagamaan yang berkiprah menuju sekolah bermutu dan favorit.

Sekolah swasta SMP IT Plus Bazma Brilliant ini berada di kawasan komplek perumahan Pertamina, Bukit Datuk, Kecamatan Dumai Selatan, Kota Dumai-Riau, bertekat menciptakan anak didiknya yang brilliant menuju jenjang pendidikan menengah atas.

Walau SMP Islam Terpadu Plus Bazma Brilliant tergolong masih seumur jagung setelah memperoleh SK Pendirian dari Pemerintah melalui Dinas Pendidikan Nomor : 01/IPSS/BPTPM/III/2014, dengan izin operasional Nomor : 116 tahun 2014 tertanggal 17 Marer 2014, sekolah ini sudah mampu mengukir anak didiknya dengan nilai tertinggi ke empat se SMP di Kota Dumai.

Hanya saja, ditengah keberlangsungan perjalanan SMP IT Plus Bazma Brilliant dalam proses belajar mengajar dan mengakhiri tahun ajaran kelulusan anak didik, issu segelintir soal akreditasi dan legalitas SMP IT Plus Bazma Brilliant di Kota Dumai belakangan ini mengemuka di tengah publik.

Diantaranya berkembang informasi, dimana salah seorang orang tua siswa yang anaknya lulusan SMP IT Plus Bazma Brilliant Kota Dumai tahun ajaran 2017/2018, kesulitan saat mendaftar di salah satu Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk diterima karena persoalan sekolah asal belum terakreditasi, maksudnya SMP IT Plus Bazma Brilliant belum memiliki sertifikat akreditasi dari instansi berwenang.

Kepala sekolah SMP IT Plus Bazma Brilliant, Jalan Sekolah Komplek Perumahan Pertamina, Kelurahan Bukit Datuk, Kota Dumai, Siti Mardiah S.Pd, menjelaskan soal sekolah yang dipimpinnya belum mengantongi sertifikat Akreditasi, dibenarkannya dan hal tersebut kata Siti ada disosialisasikan kepada orang tua siswa saat mendaftarkan anaknya ke SMP IT Plus Bazma, kalau SMP IT Plus belum akreditasi dan masih proses pengurusan ke BAN.

Disambangi awak media ini di ruang kantornya SMP IT Plus Bazma Brilian Bukit Datuk Dumai, Selasa (17/7-2018), Siti Mardiah SPd, mengatakan, anak didik lulusan SMP IT Plus Bazma Brilliant yang belum akreditasi melanjut ke tingkat SMA bukan sesuatu penghalang atau tidak ada masalah.

Kepala Sekolah (Kepsek) yang diketahui seorang wanita kelahiran Kota Dumai bermarga Ritonga ini kepada awak media menyampaikan seakan heran adanya siswa lulusan SMP IT Plus Bazma sulit diterima di salah satu SMA.

Siti Mardiah beralasan soal keheranannya, dimana 2 (dua) kali tahun ajaran dan dua kali kelulusan dari SMP IT Plus Bazma Brilliant, belum pernah memperoleh informasi soal anak didiknya sulit diterima pada sekolah lanjutan tingkat atas dan tidak ada masalah.

“Ada anak didik kami melanjut sekolah di Sumatera Barat, Bogor, Surakarta tidak ada masalah. Demikian melanjut pada sekolah SMA Negeri Binaan Khusus (Binsus) dan SMA Negeri 2 Dumai, juga tidak ada masalah,”imbuh Siti Mardiah meyakinkan sembari menyebut belum pernah menerima laporan dari orang tua siswa.

Memang Kepsek ini tidak menepis soal akreditasi SMP IT Plus Bazma Brilliant yang belum ada, akan tetapi jelas Siti Mardiah, sertifikat akreditasi SMP IT Plus ini sedang proses pengurusan oleh sekolahnya. “Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini, sertifikat akreditasi SMP IT Plus Bazma Brilliant sudah turun,” kata Siti, karena menurut Siti, sebelumnya pihak Badan Akreditasi Nasional (BAN) sudah turun ke sekolah SMP IT Plus tersebut.

Dijelaskan Siti Mardiah, sekolah yang dipimpinnya belum mengantongi sertifikat akreditasi bukan karena suatu hal masalah, namun jelas Siti adalah karena sekolah SMP IT Plus Bazma Brilliant baru kedua kalinya melewati tahun ajaran sekolah dan baru dua kali kelulusan siswa-siswi dari sekolah tersebut.

 “Dua kali kelulusan merupakan salah satu persyaratan untuk mengajukan administrasi akreditasi,”jelasnya seraya menjelaskan seluruh perizinan dari dinas setempat sudah dimiliki SMP IT Plus Bazma Brilliant.

Sementara itu, soal ijazah kepada siswa yang tamat dari SMP IT Plus Bazma Brilliant, Siti Mardiah menyebut Ijazah murid SMP IT yang sudah dua kali kelulusan dikeluarkan oleh Pemerintah setempat melalui Dinas Pendidikan Kota Dumai.

“Soal Ijazah, ada Barkotnya dikeluarkan pemerintah melalui dinas pendidikan Kota Dumai,” kata Siti meyakinkan dengan menyebut kalau SMP IT Plus Bazma Brilliant masih berinduk ke sekolah SMA YKPP Bukit Datuk.

Disela kunjungan crew awak media ke sekolah Yayasan Titian Bazma SMP IT Plus Bazma Brilliant ini, Siti Mardiah SPd mengatakan kalau sekolahnya akan berupaya dan akan mampu bersaing menjadi sekolah unggulan di Kota Dumai sebagaimana nama sekolah tersebut sudah melekat nama SMP IT Plus dan Brilliant.

Karenanya, Kepsek SMP IT Plus Bazma Brilliant, Siti Mardiah S.Pd, meyakinkan masyarakat kalau sekolah tersebut akan berupaya menjadi sekolah unggulan yang bermutu dan Brilliant.***(Tambunan)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *