Pemko Dumai Tandatangani Nota Kesepahaman Kota Dumai Sebagai Smart City Bersama Kemenkominfo RI

0
60

DUMAI,WARTAPENARIAU.com-Pemko Dumai Tandatangani Nota kesepahaman (MoU) Kota Dumai sebagai kota Smart City bersama kemenkominfo RI, yang dilakukan secara Virtual, bertempat di Command Centre, Diskominfo Pemko Dumai, Kamis (21/4/2022).

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh Asisten III Bidang Administasi Umum, Muhammad Syafie, S.Sos, M.Si, mewakili Walikota Dumai, Paisal SKM MARS.

Nota Kesepahaman yang ditandatangani bersama tersebut merupakan implementasi Gerakan Kota Dumai Menuju Kota Cerdas (Smart City) Tahun 2022 bersama Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia (RI) secara virtual.

Penandatangan Nota Kesepahaman yang dilaksanakan secara Virtual ini merupakan perjanjian antara Kementerian Kominfo RI yang diikuti oleh seluruh Pemerintah Daerah se-Indonesia yang ikut berpartisipasi dalam menuju Kota Cerdas tahun 2022 demi mewujudkan Visi dan Misi Pemerintah Daerah yang lebih baik.

Ruang lingkup Nota Kesepakatan dalam implementasi Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) Kota Dumai Tahun 2022 meliputi antara lain yaitu, bimbingan teknis penyusunan Rencana Induk (Masterplan) Smart City Kota Dumai, pertukaran data dan penggunaan legal software, sosialisasi dan Focus Group Discussion (FGD) dan integrasi data antar Organisasi Perangkat Daerah melalui pemanfaatan layanan pusat data nasional.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Republik Indonesia, Johnny G Plate, dalam sambutannya menyampaikan kepada seluruh Pemerintah Daerah (Pemda) yang mengikuti Nota Kesepahaman tersebut bahwa teknologi merupakan salah satu cara untuk tumbuh kembangnya suatu kota menjadi lebih baik.

“Suatu kota bisa digolongkan smart city apabila dapat mendayagunakan teknologi digital dengan lebih baik dan dapat memperbaiki kualitas kehidupan masyarakat, dalam implementasi smart city dapat juga meningkatkan efisiensi dalam pemerintahan, oleh karena itu kami dari Kementrian Kominfo RI inisiatif dengan gerakan menuju smart city terus berupaya dapat menumbuhkan lebih banyak lagi kota cerdas di seluruh indonesia,” harapnya.

Kemenkominfo juga menjelaskan bahwa tahun 2022 ada 191 Kabupaten dan Kota yang tergabung dalam gerakan menuju Smart City dan Kementrian Kominfo RI siap memberikan pendampingan terbaik kepada Pemerintah Daerah.

“Kementrian Kominfo RI secara konsisten menjalankan Smart City dan pada tahun 2022 Kementrian Kominfo RI akan memberikan pendampingan terbaiknya kepada kota dan kabupaten, akan ada 191 kota yang tergabung dalam gerakan menuju smart city, hari ini kita melakukan MoU sebagai wujud Komitmen bersama kita dalam mendukung implementasi yang sukses dan berdampak positif kepada masyarakat,” sebutnya.

Dalam kesempatan itu hadir  Kepala Dinas Diskominfo, Capil, DPMPTSP, Pariwisata, Kesehatan, Perkim, Pendidikan maupun dinas Koperasi UKM.

Editor    : Tambunan

Sumber : Diskominfo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here