Walikota Dumai Sambut Kapal Penyeberangan KMP Tirus Rute Meranti Selat Panjang-Dumai

0
125

DUMAI, WARTAPENARIAU.com-Walikota Dumai, H. Paisal, SKM, MARS, mengalungkan bunga kepada Capt Pamadi Nur Budi Utama, nakhoda Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Tirus Meranti pelayaran perdana melayani rute pulau Alai Insit, Selat Panjang, Kabupaten Kepulauan Meranti-Dumai.

Kapal RoRo (Roll-On, Roll-Off) perdana melayani lintasan kepulauan Meranti – Dumai ini disambut oleh Walikota Dumai, Paisal dan rombongan ketika kapal KMP Tirus Meranti tiba di Pelabuhan Roro Bandar Sri Junjungan, Kota Dumai, Kamis (3/2/2022).

Acara ceremoni penyambutan kapal RoRo Rute Kepulauan Meranti – Dumai tersebut diawali dengan pengalungan bunga oleh Wali Kota Dumai kepada Capt. Pamadi Nur Budi Utama.

Usai pengalungan bunga dilanjutkan dengan prosesi pelemparan beras kuning sebagai bentuk penghormatan dengan diwarnai tabuhan kompang menambah semarakknya prosesi penyambutan Capt. Pamadi bersama jajarannya.

Walikota Dumai, H Paisal SKM MARS, dalam sambutannya mengatakan atas nama Pemerintah Kota Dumai mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan yang telah mewujudkan harapan masyarakat Riau dan PT. Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) Cabang Batam sebagai operator operasionalnya.

“Kehadiran kapal yang memulai melayani pelayaran dari Meranti ke Dumai tentu sangat di nanti-nantikan oleh masyarakat kita, Karena dengan adanya pelayaran kapal ini, perekonomian masyarakat tentu meningkat, baik dari sektor parawisata, industri maupun UMKM,” tuturnya.

Kata Paisal berharap, KPM Tirus dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat pesisir khususnya di wilayah Dumai-Meranti.

“Maka dari itu, mari bersama-sama kita menjaga aset negara ini dengan baik. Saya optimis dengan memanfaatkan KPM Tirus secara optimal dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat,” imbuh Paisal

Sebagaimana diketahui, KMP Tirus dengan bobot 300 GT ini sebelumnya memulai pelayaran perdananya dengan rute lintasan Alai Insit (Pulau Tebing Tinggi) – Pecah Buyung (Pulau Rangsang) dan Alai Insit – Dumai setelah sebelumnya dilakukan uji kelayakan, bongkar muat dan mendapatkan izin berlayar serta penetapan tarif dari Kabupaten Kepulauan Meranti dan Provinsi Riau.

Editor     : Aston Tambunan

Sumber : Diskominfo Dumai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here