Kunjungan Perdana Menteri Jepang Ke Indonesia

0
482

BOGOR,WARTAPENARIAU.com– Kunjungan kenegaraan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe ke Indonesia, Minggu (15/1 ), Senin (16/2017), merupakan kunjungan pemimpin negara pertama di Indonesia tahun 2017.

“Dalam kurun waktu dari dua tahun, saya sudah bertemu dengan PM Jepang sebanyak enam kali. Hal ini tentu dapat dimaknai komitmen kedua negara untuk terus meningkatkan hubungan bilateral,” kata Presiden Joko Widodo.

PM Shinzo Abe membawa sekitar 30 direktur utama perusahaan-perusahaan besar Jepang , dengan maksud agar segera bisa merealisasikan peningkatan kerja sama bidang politik, ekonomi, maritim, sosial dan budaya antara Indonesia dan Jepang.

Presiden Joko Widodo dan PM Jepang Shinzo Abe menyepakati sejumlah kerja sama di bidang ekonomi. “Kami sepakat untuk meningkatkan kerjasama ekonomi, termasuk rencana Pelabuhan Patimban,”kata Jokowi dalam keterangan pers bersama Abe, Minggu (15/1/2017), di Istana Bogor.

Proyek lainnya adalah pengembangan Blok Masela, dan diskusi awal mengenai proyek kereta api Jakarta-Surabaya, serta rencana kerja sama pembangunan sentra perikanan terpadu di pulau-pulau terdepan Indonesia.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Kabinet Kerja seperti Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution, Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Wiranto, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani,  Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretariat Negara Pramono Anung, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Menteri Kelautan, dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.***(Jon).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here