by

Wali Kota Dumai Sambangi Kementerian PUPR RI Untuk Membahas Penyediaan Air Bersih

DUMAI,WARTAPENARIAU.com-Wali Kota Dumai, H Paisal, SKM, MARS sambangi Kementerian PUPR RI di Jakarta untuk membahas penyediaan air bersih, Jum’at, (26/3/2021).

Saat ini Wali Kota Dumai masih berjuang untuk mewujudkan program penyediaan air bersih bagi warganya. Langkah strategis yang ditempuh adalah berkoordinasi secara langsung dengan Direktur Air Minum Ditjen Cipta Karya, Kementerian PUPR, Ir Yudha Mediawan, M.Dev.Plg.

Dalam pertemuan tersebut, Wali Kota Dumai menyampaikan maksudnya untuk bekerja sama dengan Kementerian PUPR mempercepat penyediaan jaringan pipa air bersih di Kota Dumai.

Pada akhir tahun 2021 progres air minum di Kota Dumai dengan skema SPAM KPBU, NUWSP, dan Durolis akan selesai sebagian dari pengerjaannya yaitu sebesar 450 liter perdetik. Hal ini tentu membutuhkan pembiayaan yang besar untuk pengembangan jaringan dengan kapasitas tersebut.

Untuk itu, Wali Kota berkoordinasi ke Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian PUPR agar mendapatkan bantuan anggaran didalam pengembangan jaringan PAM, sehingga dengan segera selesainya jaringan kapasitas ini, tentu air pun akan segera tersambung ke rumah-rumah warga.

Direktur Air Minum Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR mengapresiasi perkembangan pembangunan SPAM di Kota Dumai dan mendapatkan respon positif darinya.

Ia berharap selain nantinya Kota Dumai mendapat pembiayaan tambahan dari APBN atau DAK dan lainnya, namun Pemko Dumai juga harus mengalokasikan dari APBD untuk pengembangan jaringan tersebut. Jadi ada pembagian biaya mana dari APBN, mana dari APBD dan mana yang berasal dari investasi.

Diakhir pertemuan Wali Kota Dumai, H Paisal mengucapkan terima kasih atas waktu yang diberikan serta bantuan kerjasama Direktorat Air Minum. Semoga kerjasama ini segera terlaksana, sehingga dapat merealisasikan penyediaan air bersih untuk warga Kota Dumai.

“Alhamdulillah bisa berkoordinasi langsung dengan Bapak Direktur. Mohon do’a dan dukungan seluruh masyarakat Kota Dumai, semoga perjuangan kita bersama ini diberkahi Allah SWT”, ucapnya.

Dalam acara tersebut juga dihadiri Kabid Cipta Karya pada Dinas PUPR Kota Dumai, Riau Satria Alamsyah,dan Direktur PDAM Kota Dumai.***(Diskominfo Dumai).

Editor: T.Sitompul

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *