Siaga Virus Corona, Pelindo 1 Pastikan Layanan Tetap Berjalan

0
160

DUMAI,WARTAPENARIAU.com-PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) adalah perusahaan bergerak dibidang pelabuhanan, maka perusahaan ini salah satu perusahaan yang berada di ring satu pintu gerbang arus masuk maupun keluarnya setiap penumpang maupun barang baik domistik ataupun luar negeri.

Karenanya pihak Pelindo 1 diseluruh wilayah kerjanya sangat proaktif melakukan upaya pencegahan atau penangkalan masuknya wabah virus corona (Covid – 19) di setiap pintu pelabuhan sebagaimana juga dilakukan Pelindo I Cabang Dumai.

Namun begitu, walau ketatnya penanganan antisipasi masuknya virus corona yang dilakukan seluruh wilayah kerja Pelindo I sebagaimana juga dilakukan Pelindo I Cabang Dumai memastikan bahwa pelayanan jasa kepelabuhanan tetap dilakukan, ujar GM PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) Pelindo I Cabang Dumai, Jonedi Ramli, melalui Asmen Umum dan Humas, Syafei, kepada medi ini.

“Layanan jasa kepelabuhanan di Pelindo I Cabang Dumai sebagaimana dilakukan oleh Pelindo I di seluruh wilayah kerjanya dipastikan tetap dilakukan,” ujar Syafei.

Wilayah kerja dimaksud menurut Syafei diantaranya meliputi Dumai Riau, Kepulauan Riau, Provinsi Aceh dan Sumatera Utara, tetap memastikan melakukan jasa kepelabuhanan ditengah meningkatnya wabah Corona virus Covid-19 di Indonesia.

Menurut Syafei, Pelindo 1 menerapkan pengawasan yang lebih tinggi dalam melayani penumpang dan bongkar muat barang melalui pelabuhan domestik maupun internasional, meningkatkan keamanan dan kebersihan lingkungan pelabuhan, areal terminal penumpang dan kantor.

Upaya pengawasan yang dilakukan Pelindo 1 di seluruh wilayah kerjanya dilakukan sejak kapal akan bersandar di pelabuhan, bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk melakukan pemeriksaan kesehatan ke seluruh awak kapal dan kapal dapat dilayani setelah berstatus bebas karantina.

“Seluruh petugas operasional dan para pandu juga diwajibkan untuk selalu menggunakan masker khusus, Alat Pelindung Diri (APD), kaca mata, dan sarung tangan dalam melakukan tugasnya,” jelas Fiona Sari Utami, VP Public Relations Pelindo 1, melalui Syafei kepada media ini.

Selain itu, kebersihan lingkungan pelabuhan juga semakin ditingkatkan dengan melakukan berbagai langkah preventif, seperti desinfektasi terminal penumpang secara berkala, meningkatkan frekuensi pembersihan dan sanitasi areal terminal penumpang, khususnya pada bagian yang sering digunakan seperti handle pintu, kursi, pegangan tangga, meja receptonist, automatic gate dan lain-lain.

“Terminal Penumpang milik Pelindo 1 juga sudah dilengkapi dengan fasilitas thermal scanner untuk pemeriksaan suhu tubuh para penumpang yang naik dan turun dari kapal,” jelas Fiona.

Pelindo 1 juga telah memasang papan informasi yang berisi tentang bahaya Corona Virus serta cara pencegahannya, menyediakan hand sanitizer serta membagikan masker kepada para penumpang.

Pelindo 1 terus berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan atau Dinas Kesehatan setempat, Bea Cukai, Karantina, Imigrasi, dan Kementerian Perhubungan melalui Otoritas Pelabuhan dan Kantor Syahbandar serta sejumlah instansi terkait lainnya dalam pengawasan dan pencegahan penyebaran Virus Corona.

Sementara untuk areal kantor, Pelindo 1 telah melakukan berbagai upaya pencegahan, diantaranya  penyemprotan desinfektan di seluruh ruang kerja pegawai, mengajak pegawai untuk membersihkan meja kerjanya setiap hari, pemeriksaan suhu tubuh para pegawai dan tamu saat memasuki wilayah kantor, mensosialisasikan tata cara mencuci tangan secara teratur, menyediakan hand sanitizer di tempat strategis, memasang poster informasi.

Selain itu Pelindo 1 menghimbau kepada pegawai yang terkena batuk dan flu untuk menggunakan masker serta mengambil cuti bagi yang sakit, menangguhkan perjalanan ke luar negeri terutama ke negara yang terdampak COVID-19 dan selektif dalam melakukan perjalanan dinas dalam negeri.

Pelindo 1 menerapkan kebijakan Work From Home (WFH) dengan kriteria tertentu seperti pegawai yang memiliki riwayat penyakit jantung, Tuberculosis (TBC) atau paru, diabetes akut, serta pegawai yang sedang hamil.

“Kami juga membatasi pertemuan-pertemuan yang bersifat melibatkan banyak orang, seperti rapat, pelatihan, sharing session dan menggantikannya dengan penggunaan video conference atau web seminar. Kemudian secara rutin menghimbau kepada pegawai untuk terus memperhatikan dan menjaga kondisi kesehatan diri dan keluarga dengan baik. Khususnya untuk pegawai di bidang operasional, akan diberikan tambahan puding dan vitamin setiap harinya, untuk meningkatkan imunitas dan memastikan seluruh petugas dalam kondisi prima, serta menempatkan petugas medis di setiap cabang pelabuhan,” jelas Fiona, lewat release yang disampaikan kepada media ini..

 

Penulis: A.Tambunan

Editor  : Nelson

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here