Sejarah GBI Jemaat “Mawar Saron“ Jalan Air Bersih Dumai

0
1107
Jpeg

DUMAI,WARTAPENARIAU.com-Berawal dari Pelayanan seorang hamba Tuhan, Bapak Pdt. GP. Sinaga, yang adalah juga merupakan Bapak GBI Provinsi Riau, dan yang sekaligus menjadi Bapak Rohani Bapak alm Pdt. S.O. Simaremare dan Ibu alm. Pdm. Sarmi br. Nasution. Pelayanan hamba Tuhan ini yang begitu tekun dan panjang,  sampai membutuhkan waktu kurang lebih 12 tahun, bergumul dan mendoakan keluarga Bapak alm. Pdt. S.O. Simaremare.

Dan pada akhirnya pada tahun 1986, pelayanan hamba Tuhan ini menghasilkan buah. Terjadi PERTOBATAN . dan pada tahun yang sama juga Bapak alm. Pdt. S.O. Simaremare berangkat untuk sekolah Alkitab di Jakarta di jalan Raden Saleh, yang di Pimpin oleh hambaNya Bapak Pdt. DR. Jacob Nahuway. MA. Sekembalinya beliau dari Jakarta, maka Pelayanan Bapak alm. Pdt. S.O. Simaremare dan Ibu alm. Pdm. Sarmi br. Nasution pun dimulai.

Pelayanan dimulai dari ibadah anak. Yang diadakan di Rumah bapak alm. Pdt. S.O. Simaremare, setiap hari selasa malam jam 19.00 wib sampai selesai. Ada yang unik pada waktu itu, bahwa sehabis ibadah, maka bapak alm. Pdt. S.O. Simaremare dan Ibu alm. Pdm. Sarmi br. Nasutioan selalu membagikan kue atau roti kepada anak-anak yang ikut ibadah. Dan ini dilakukan terus menerus.

Dan oleh Anugrah Tuhan Yesus, pelayanan terus maju, ada seorang Ibu janda. Ibu jusman simangunsong. Dialah yang menjadi jemaat pertama. Ibadah minggu pun sudah dimulai. Yang diadakan dirumah Bapak alm. Pdt. S.O. Simaremare. Seiring berjalannya waktu, jiwa-jiwa pun bertambah. Antara lain :

  • keluarga Bapak Pdt. S. Sitanggang br. Nainggolan
  • Keluarga Bapak Akim Sitompul br. Togatorop
  • Keluarga Bapak Tobing br. Aritonang
  • Keluarga Bapak Hutasoit br. Sitinjak
  • Keluarga Bapak Simamora br. Nasution
  • Bapak S. Sitinjak ( Waktu itu belum berkeluarga )
  • Bapak R.K Aruan ( Waktu itu Belum Berkeluarga )
  • Dan masih banyak lagi, yang tidak mungkin untuk disebut satupersatu
  • Dalam perjalanan pelayan banyak tanjakan dan turunan dan persimpangan yang harus dilalui.

Banyak ejekan dan olokan yang dilontarkan orang. Dan yang paling specialnya ejekan dan olokan itu berasal dari oknum pendeta-pendeta yang ada pada waktu itu. Ada yang bilang, bahwa : Gereja ini sesatlah, ada yang bilang : Tak jelas lah, bahkan ada juga yang bilang : Gereja tiga roda. Karena sebagian besar jemaat adalah Tukang becak, pada waktu itu. Namun bapak alm. Pdt. S.O. Simaraemare dan Ibu, beserta semua jemaat Tetap Maju !.

Dan oleh anugrah Tuhan Yesus, pada tahun 1990 pembangunan gereja pun dimulai. Geraja yang pertama ini berukuran 6m X 10m, yang terletak dibelakang Rumah Bapak alm. Pdt. S.O. Simaremare dan Ibu. Semua jemaat bahu membahu dan semangat dalam proses pembangunan Gereja yang pertama. Ada yang luar biasa dalam proses pembangunan Gereja yang pertama, bahwa atap Gereja itu dari seorang Haji warga Negara Malaysia yang berkunjung ke kota dumai, yang dibawa oleh Bapak Akim Sitompul br. Togatorop yang pada waktu itu beliau masih berprofesi sebagai Tukang becak. Sungguh suatu Mujizat Tuhan. Maka pada tanggal 30 oktober 1991. Gereja Bethel Indonesia jemaat “ Mawar Saron “ jalan Air Bersih No. 20 (pada waktu itu) kota Dumai Provinsi Riau pun BERDIRILAH.

Seiring dengan banyaknya jiwa yang dimenangkan, maka bangunan Gereja yang pertama ini sudah tidak menampung lagi. Sehingga harus ditambah. Maka diadakanlah renovasi penambahan bangunan Gereja menjadi 6m X 15m ( ditambah 5 meter ). Dan penambahan yang  5m ini dari kayu. Maka bangunan Gereja yang kedua itu perpaduan antara kayu dan beton.

 Dalam perjalanan pelayan, Bapak alm. Pdt. S.O. Simaremare dan Ibu, ada sesuatu yang luar biasa, yaitu bahwa pasangan hamba Tuhan ini juga selain menggembalakan, mereka juga mencetak Hamba Tuhan dan juga PERGI MENGINJIL untuk memenuhi Amanat Agung Tuhan Yesus. Dan salah satu hasil penggemblengan dan Penginjilan mereka maka lahirlah : Bapak Pdt. S. Sitanggang dan GBI jemaat Pantang Mundur basilam baru. Dan Bapak conak dan GBI jemaat desa Rampang Pulau Rupat.

Oleh Anugrah Tuhan Yesus pelayanan GBI jemaat “ Mawar Saron “ jalan Air Bersih, terus maju dan berkembang. Maka pada tahun 1997, lewat cara-caranya Tuhan pembangunan Gedung Gereja yang ke tiga pun dimulai. Yang dipelopori oleh seorang anak Tuhan yang waktu itu menjabat sebagai Kapolres kota Dumai, yaitu Bapak Pdt. Peniel Luther Harefa. SH.Mth. dan oleh pertolongan Tuhan Yesus. Maka pada tanggal 11 November 1998, Gedung Gereja yang barupun Di Tahbiskan oleh Ketua BPH GBI Pusat( Pada Waktu itu) yaitu Bapak Pdt. A. Soerjadi M.sc.

 Pelayanan terus berjalan dengan baik dan banyak melahirkan hamba Tuhan dan jemaat baru, baik didalam kota, maupun diluar kota bahkan di luar Negeri. Namun pada tanggal 31 Agustus 2011, Ibu alm. Pdm. Sarmi Nasution kembali kerumah Bapa di Sorga. GBI “ Mawar Saron “ Berduka. Beliau sudah menyelesaikan pertandingan Iman dengan Baik. Lewat doanya lah suaminya dimenangkan untuk Tuhan, Anak-anaknya diberkati Tuhan dan melalui doanya jugalah banyak jemaat dan anak-anak jemaat diberkati Tuhan dengan luar biasa. Sekalipun Ibu Gembala sudah tiada, pelayanan tetap berjalan, sekalipun memasuki masa-masa transisi.

 Oleh anugrah dan panggilan Tuhan Yesus, melalui Surat Keputusan BPD GBI RIAU nomor : 070/S-XIV/SK BPD012/V/2013, maka bapak Pdt. Yohanes Ismanto Simaremare DITETAPKAN sebagai Gembala jemaat GBI jemaat Jl. Air Bersih No. 35. Dumai, Riau. Sedangkan Bapak alm. Pdt. S.O. Simaremare sebagai Gembala SENIOR dan sekaligus bapak Rohani dan Bapak Kandung dari Bapak Pdt. Yohanes Ismanto Simaremare.

Dalam masa-masa transisi banyak hal yang terjadi, mulai dari internal bahkan sampai dari exsternal. Jauh sebelum masa transisi terjadi, alm Ibu Gembala, Ibu Pdm. Sarmi Nasution memberi sebuah nasehat kepada Bapak Pdt. Yohanes Ismanto Simaremare ; “ dengarlah anakku !, banyaknya nanti orang berdatangan ke Gereja ini, siapa yang aneh-aneh akan bergugurannya itu, tetapi siapa yang tinggal tetap itulah yang Taat dan Setia, itulah yang dipercayakan Tuhan untuk kau Gembalakan.

 Karena itu, apapun yang terjadi dalam hidupmu tetap kau Pegang Yesus, karena selama kau pegang Yesus, selama itu juga Yesus pegang kau “. dan dalam masa-masa sukar itu juga Bapak alm. Pdt. S.O. Simaremare sebagai Gembala Senior, banyak memberi pelajaran, nasehat serta dukungan kepada Gembala Jemaat yang baru . dan salah satu nasehatnya ; “ kita memenangkan jiwanya anes !, bukan Memindahkan jiwa. Kalau kau mau nangkap ikan, pergilah kelautan yang luas. Hadapilah angin kencang dan ombak yang besar !. jangan kau nangkap ikan dikolam orang, karena kalau itu yang kau lakukan, tidak beda kau dengan pencuri !”. dan pada tanggal 05 Oktober 2016, Bapak Alm. Pdt. S.O. Simaremare kembali kerumah Bapa di Sorga. Kembali GBI “ Mawar Saron “ Jl. Air Bersih Dumai, Berduka.

Semasa hidupnya banyak hal yang sudah dikerjakan oleh Bapak alm. Pdt. S.O. Simaremare :

  • Anggota MPL GBI periode 2014 – Meninggal
  • Ketua BPD GBI Provinsi Riau Periode 2004 -2014 ( dua periode )
  • Gembala Senior dan Bapak Rohani dari Puluhan jemaat dan puluhan Hamba Tuhan, baik yang ada di dalam negeri ataupun di luar negeri
  • Gembala jemaat dari tahun 1986  hingga Meninggal

Sebagaimana Firman Tuhan berkata “ dari buahnyalah kau kenal pohonnya(Matius 7:16-18) “. Sekarang kita sudah mengenal siapakah Bapak alm. Pdt. S.O. Simaremare dan Ibu alm. Pdm. Sarmi br. Nasution. Mereka sudah menghasilkan buah dalam hidup mereka, ada banyak hutan yang telah menjadi desa lewat pelayanan mereka berdua. Dan ada banyak orang yang tadinya tidak mengenal Tuhan Yesus, sekarang menjadi Hamba Tuhan lewat pelayanan mereka. Sekalipun masih banyak orang yang “ngaku-ngaku hamba Tuhan” hanya melihat kekurangan mereka. Tetapi Yesus yang mereka layani adalah Tuhan yang mau melihat buah !(Lukas 13:6-9). dan kepada mereka yang “ngaku-ngaku hamba Tuhan” tetapi hanya ngomong doang dan tidak ada buah dalam pelayanan nya, Tuhan berfirman “ ambil kampak, dan tebanglah setiap pohon yang tidak berbuah(Matius 7:19/Lukas 13:6-9) “

Namun pada hari ini 30 Oktober 2016 Seluruh jemaat mengadakan Ibadah ucapan syukur Ulang Tahun jemaat yang ke 25 tahun. Ini membuktikan “ PELAYANAN INI TETAP M A J U dan berkembang “.Perlu kita ketahui semua pelayanan GBI “ Mawar Saron “ jemaat Jl. Air Bersih No. 39 Dumai, Riau. Berjalan berdasarkan Penyertaan Tuhan Yesus, Doa dan dukungan seluruh jemaat dan hamba- hamba Tuhan yang mendukung,Tata Gereja GBI, dan semua nasehat Bapak alm. Pdt. S.O. Simaremare dan nasehat Ibu alm. Pdm. Sarmi br. Nasution . dan kami semua jemaat yakin bahwa Tuhan Yesus senantiasa menyertai kami semua dan pelayanan ditempat ini maju dan berkembang.

Dan kini , tugas dan tanggung jawab Pelayan ini dipercayakan kepada Bapak Pdt. Yohanes Ismanto Simaremare dan Ibu Pdp. Masriana br. Sinaga sebagai Penerus tongkat estapet Pelayanan. Mari kita semua sidang jemaat dan para hamba-hamba Tuhan mendukung dan menDOAkan. Supaya Pelayanan ini semakin MAJU, BERTUMBUH DAN BERKEMBANG.

Akhir kata : SELAMAT ULANG TAHUN SIDANG JEMAAT “ GBI MAWAR SARON Jl. Air Bersih No. 39 Dumai, Riau. Yang ke 25 tahun.

I    M    A    N    U    E    L

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here