Bupati Bengkalis Dan Gubernur Riau Hadiri Pelantikan IKBDS

0
244
BUPATI TGL 12 MEI
BUPATI BENGKALIS

DURI,WARTAPENARIAU.com-Bupati Bengkalis, Amril Mukminin mengajak seluruh pengurus dan anggota Ikatan Keluarga Batak Duri Sekitarnya (IKBDS) senantiasa berpegang dan mengimplementasikan tiga aturan utama (dalihan natulo).

“Kami optimis, apabila seluruh keluarga besar IKBDS mengimplementasikan dalihan natolu, berbagai permasalahan sosial pembangunan yang terjadi di dalam IKBDS sendiri akan mudah diatasi. sebab sepengetahuan kami, tanpa dalihan natolu, hidup orang Batak tidak akan memiliki kekerabatan yang erat seperti sekarang ini,” ungkap Amril Mukminin saat menghadiri pelantikan pengurus IKBDS priode 2017-2021 dan ulang tahun IKBDS ke-18, di Lapangan Pokok Jengkol, Duri, Kecamatan Mandau,  Kamis, (11/5/2017).

Lebih lanjut Amril menegaskan, “Dalihan natolu ini juga sebagai fundamentalisme kehidupan orang batak yang eksistensinya.  Hal ini selaras dengan kehidupan berbangsa dan bernegara yang diatur oleh Pancasila sebagai dasar negara kita.Sepengetahuan kami, IKBDS yang dibentuk segenap komponen masyarakat Batak Duri dan sekitarnya pada Juli 1999, atau hampir dua dasa warsa ini, merupakan organisasi Batak pertama di Riau bahkan di Indonesia. Namun entah apa sebabnya, dalam beberapa tahun terakhir, eksistensinya sedikit memudar,” tandas mantan anggota DPRD Bengkalis ini.

Agar IKBDS benar-benar eksis, menjadi perekat serta menjadi mengadu warga Kabupaten Bengkalis yang berasal dari Suku Batak yang ada di Duri dan sekitarnya, serta benar-benar berdaya dan berhasil guna sebagai modal sosial pembangunan. Bupati Bengkalis berpesan kepada pengurus, pertama, jadikan IKBDS ini sebagai organisasi dan modal sosial pembangunan yang visioner.

Kedua, agenda kerja atau kegiatan Ikbds sebisa mungkin dirancang secara sistematis, tidak bersifat temporer dan pada waktu-waktu tertentu saja. Ketiga, fungsi dan peran strategis IKBDS, baik itu secara internal maupun internal harus dapat dijalankan dengan sama baiknya.

Acara pelantikan pengurus IKBDS tersebut dihadiri Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, Wakapolres Bengkalis, Kompol Taufiq Hidayat,  Ketua PP  Provinsi Riau, Anto Rahman, Bupati Indragiri Hulu, Yopi Arianto, Anggota DPRD Bengkalis, Wakil Ketua DPRD Dumai, Zainal, pejabat di lingkup Kabupaten Bengkalis, Forkopimda Bengkalis,  Camat Mandau, Djoko Edi Imhar dan Pinggir Djamaludin, DPR RI Effendi Sianipar, FKPPI Mandau, dan tokoh masyarakat serta warga Batak sekitarnya.***(Humas/Red).

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here