Polres Dumai Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

DUMAI, NASIONAL, RIAU324 Views

DUMAI,WARTAPENARIAU.comKepolisian Resor Dumai menggelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Minggu (1/10/2023) di halaman Mapolres Dumai.

Upacara ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan terhadap nilai-nilai luhur Pancasila sebagai Dasar Negara Indonesia.

Upacara dipimpin oleh Kapolres Dumai, AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Sementara bertindak sebagai Perwira Upacara yakni Kasat Samapta Polres Dumai, AKP M. SAHUDI, S.H dan bertindak sebagai Komandan Upacara, yakni Kanit Pam Obvit Sat Samapta Polres Dhmaj, Ipda Samuel Eri Santoso.

Upacara diikuti oleh Wakapolres Dumai, Kompol Josina Lambiombir, S.H, S.I.K, M.M, para Kabag, Kasat, Kasi dan Kapolsek Jajaran Polres Dumai serta seluruh personil Polres Dumai dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Polres Dumai.

Pada pelaksanaannya, Kapolres Dumai membacakan teks Pancasila dengan diikuti oleh seluruh peserta upacara. Dilanjutkan dengan pembacaan Naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 oleh Bripda Rendy Pratama serta pembacaan Ikrar Kesaktian Pancasila oleh Bripda M. Fadhil.

Usai memimpin upacara, Kapolres Dumai mengatakan, Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 ini mengangkat tema ‘Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju’.

“Bagi anggota Polri, upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini sebagai langkah untuk menggelorakan semangat pengabdian dalam rangka memupuk kedisiplinan, jiwa korsa, loyalitas serta kebersamaan khususnya di Polres Dumai yang kita banggakan. Semangat persatuan, kesatuan, dan kebhinekaan yang terkandung dalam Pancasila semoga dapat terus ditanamkan dan dihayati oleh seluruh personil Polres Dumai serta seluruh masyarakat pada umumnya,” kata Kapolres Dumai.

Menurutnya, sesuai dengan tema Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2023, yakni ‘Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju’ kita harus waspada terhadap segala bentuk pemahaman dan gerakan yang tidak sejalan dengan Pancasila.

Kapolres Dumai meminta agar seluruh masyarakat selalu mendukung pemerintah untuk menindak tegas setiap gerakan anti Pancasila, anti UUD 1945, anti NKRI dan anti Bhinneka Tunggal Ika.

“Peringatan hari kesaktian Pancasila harus dijadikan sebagai upaya melestarikan, mengamalkan dan mengembangkan Pancasila sebagai sumber nilai yang telah teruji dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.” pungkas Kapolres Dumai.

Editor: T.Sitompul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *