PWI Siak Gelar Diskusi Panel

0
145

SIAK,WARTAPENARIAU.com-“Kabar baik adalah kabar baik,” ucap Ketua PWI Riau, Zulmansyah Sekedang. Hal itu disampaikannya pada acara diskusi panel yang ditaja Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Siak, Rabu (18/3/2020).

Lanjutnya, stigma bagi insan pers “berita buruk adalah berita baik” sudah mulai ditinggalkan. “Misalnya, jika ada prestasi dari Camat silahkan diangkat beritanya agar masyarakat tahu” jelasnya.

Dihadapan penghulu dan perwakilan OPD Ia katakan, harus ada ruang untuk kepercayaan tumbuh dari masyarakat kepada pemerintah agar pemerintah dapat menjalankan amanahnya dengan baik melalui informasi dari media massa.

“Lagi pula, jika kita memburuk-burukan terus daerah sendiri, siapa lagi yang akan mengangkat nama daerah jika bukan kita,” imbuhnya.

Diskusi Panel yang berlangsung di Gedung Tengku Mahratu tersebut mengangkat tema “Dinamika Pers dan Perannya dalam menyajikan informasi akurat, cerdas, dan mencerahkan.

Bupati Siak yang diwakili Asisten I Budhi Yuwono menyambut baik digelarnya diskusi tersebut. Insan pers selama ini menjadi mitra strategis Pemkab. Siak karena telah memberikan informasi yang sehat kepada masyarakat sekaligus sebagai kontrol kinerja pemerintah.

Untuk itu, dirinya berharap hubungan yang baik ini terus ditingkatkan agar informasi pembangunan di Kabupaten Siak dapat diserap oleh masyarakat melalui pemberitaan para wartawan.

“Selaku mitra, kami butuh masukan dan saran dari teman-teman wartawan,”ujarnya.

Ia berharap insan pers juga senantiasa menjaga suasana yang sudah kondusif ini terjaga dengan baik, apalagi sinergitas antara pers dengan Pemkab Siak selama ini sudah terjalin baik.

Sementara itu, Ketua Komisi Informasi Publik Prov Riau, Zufra Irwan, berharap dengan adanya diskusi ini dapat mendorong percepatan pembangunan program pemerintah melalui informasi informasi yang disebarluaskan sampai di daerah-daerah melalui berita yang akurat dan berimbang serta sesuai dengan undang undang keterbukaan informasi.

“Intinya transparansi bisa menyelamatkan kita dari mal administrasi,”sebutnya.

Diskusi panel ini dipandu oleh Satria Utama dengan narasumber Zufra Irwan Ketua Komisi Informasi Publik Prov Riau, Zulmansyah Sekedang Ketua PWI Riau, Hasan Basri dari MPO Aliansi Jurnalistik Independen.

Penulis :  Jalembang Sitorus

Editor  :  Nelson

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here