“Peranan Roh Kudus Dalam Keluarga Kristen”

AGAMA, DUMAI, RIAU1014 Views

Mimbar Agama Kristen, Edisi Minggu, 31 Mei 2020.

Shalom, salam sejahtera buat kita sekalian. Saudara-saudara yang saya kasihi dalam  Kristus Yesus, ditengah situasi Pandemi ini dan  masa transisi ini, dari pelaksanaan PSBB ke new normal yang artinya kita memasuki ke situasi yang sudah bisa melaksanakan ibadah di gereja dan tetap mentaati protokol kesehatan, sesuatu yang patut kita syukuri atas Kasih karunia-Nya sehingga kita mengkondisikan new normal yang tentunya menjadi semangat baru dan optimisme yang baru  agar badai covid-19 segera berakhir dari indonesia.

Sebagai umat Tuhan yang hidup di tengah dunia yang semakin jahat, kita harus ikut berkontribusi membangun bangsa kita yang dimulai dari keluarga Kristen yang di izinkan Tuhan untuk menjadi berkat bagi bangsa kita.

Saudaraku, dalam momentum hari Pentakosta ini, marilah kita menjadi gereja yang memiliki kepekaan akan situasi sekeliling kita dan situasi yang terjadi di negeri kita.

Saudaraku, dalam kesempatan ini saya ingin menyampaikan tentang bagaimana peranan Roh Kudus dalam Keluarga Kristen, Dalam Yohanes 14:16, “Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya., (TB).

Sebelum Yesus terangkat ke sorga, Ia menjanjikan penolong yang lain yaitu Roh Kudus,, saudaraku sekalian, Tuhan Yesus sangat memahami dan sangat peduli kepada murid-murid-Nya dan kepada kita semua yang percaya kepada-Nya, Dia tidak ingin kita sendirian  menghadapi segala cobaan yang di izinkan-Nya terjadi di seluruh dunia, Ia tak ingin kita menghadapinya sendirian, Dia ingin memastikan semua yang mengikuti-Nya tidak kecewa dan semuanya beroleh kepastian keselamatan di bumi dan begitu juga keselamatan kekal di sorga.

Peranan Roh-Nya sangatlah penting dan takkan tergantikan oleh siapapun dan oleh apapun yang ada di bumi ini, Roh Kudus yang menyertai perjalanan panjang gereja-Nya hingga kepada kekekalan, yang menyertai saudara semua di mana pun berada, ketika kita mengalami penyertaan Roh Kudus, kita akan melihat hal-hal yang supranatural yang menyertai setiap kita.

Selanjutnya Roh Kudus akan menolong kita untuk bertumbuh dewasa dalam pengenalan kita kepada Tuhan, Roh-Nya akan menolong saudara-saudara untuk hidup benar dan berdampak bagi sebuah kota dan bangsa, kita akan selalu ditolong-Nya untuk hidup mengasihi Tuhan melebihi siapa dan apapun yang ada di bumi ini, Ia akan setia menolong kita hidup dalam kehendak-Nya.

Peranan Roh Kudus selanjutnya, menghibur kita, saudaraku, kehidupan yang berkelanjutan yang tetap bersukacita dalam segala keadaan dan yang selalu berkemenangan adalah sesuatu barang mahal dan tidak dapat dibeli oleh siapapun, sebab penghiburan-Nya akan memampukan kita tetap sabar dan bersukacita di tengah situasi yang tidak normal, Roh-Nya akan menghibur semua saudara yang hidup dalam kesusahan dan kesukaran karena pandemi yang juga menjadi ujian bagi iman kita.

Jika hidupmu mengalami kesusahan dan ketidakpastian, datang dan minta kepada Bapa, maka Ia akan memberi Roh Kudus-Nya,  (Lukas 11:13), “Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya.” (TB).

Setiap hari kita boleh meminta kepada Bapa, agar Ia memberi Roh-Nya untuk menghibur menyertai, menolong dan menghibur kita.

Saudara-saudaraku dalam Kristus, selanjutnya peranan Roh Kudus juga yang sangat hebat, untuk mendidik dan mengajar kita untuk hidup sesuai kehendak Allah, Daniel adalah orang yang ikut di bawah ke pembuangan, di kasdim, status orang buangan atau orang yang termarjinalkan yang tidak diterima oleh dunia ini, namun Alkitab mencatat bahwa kecerdasan Daniel sepuluh kali lipat dari orang-orang berilmu di tanah kasdim, (Daniel 2:30) “Adapun aku, kepadaku telah disingkapkan rahasia itu, bukan karena hikmat yang mungkin ada padaku melebihi hikmat semua orang yang hidup, tetapi semua maknanya diberitahukan kepada tuanku raja, dan supaya tuanku mengenal pikiran-pikiran tuanku (TB).

Saudara, jika Tuhan memberi Roh-Nya kepada Daniel, Roh Kudus sumber hikmat, maka Tuhan juga akan memberi Roh Kudus untuk mengajar dan membimbing kita, agar hidup kita berdampak bagi raja-raja dunia ini, dan bagi pemimpin-peminpin besar, karena Tujuan Tuhan memberi kita Roh-Nya adalah untuk menjawab ketidakpastian keadaan dunia ini, sama seperti Daniel yang mampu menjawab dan mengungkapkan apa makna mimpi raja, demikian kita juga yang hidup di tengah dunia yang semakin tua dan jahat, kita juga mampu menjawab segala keraguan dan mampu memberi solusi bagi bangsa kita.

Hanya Roh Kuduslah yang mampu membawa keluarga kita ke arah Kristus, yang menjadikan keluarga-keluarga kristen yang konsisten memberi pengaruh dan dampak hebat bagi banyak orang sekalipun kita sebagai orang buangan yang tidak di hargai siapapun, namun di saat Roh Kudus tinggal dalam kita, ia akan mengajari kita bagaimana hidup menyenangkan Hati Tuhan.

Tidak peduli siapapun dan dimanapun kita terbuang, disitu kita bermanfaat dan menjadi  berkat oleh karena Roh-Nya ada membimbing kita.

Selanjutnya yang terakhir, peranan Roh Kudus adalah menginsyafkan, mengingatkan kita, (Yohanes 14:26b) “Dialah yang mengajarkan segala sesuatu dan akan memgingatkan kamu akan semua yang telah kukatakan kepadamu.

“Sebagai ciptaan Allah yang segambar dengan-Nya, Allah ingin kita tetap konsisten mengikuti jejak-Nya, konsisten mengikuti dan mentaati semua yang Ia ajarkan kepada kita, sebagai keluarga kristen, kita harus konsisten dan bertanggung jawab terhadap segala situasi dan segala peristiwa yang Ia izinkan terjadi, Roh-Nya memberi peringatan-peringatan melalui peristiwa-peristiwa, Allah mengingatkan gereja-Nya untuk tetap hidup dalam kekudusan, karena hanya di saat kita berada di ruang maha kudus kita mampu melupakan kepahitan, kegagalan dan masa lalu,  keluarga kristen yang tangguh adalah mereka yang mengizinkan Roh Kudus berkarya hebat di dalam dirinya untuk meniup nafiri sangkakala sebagai peringatan bagi kita semua, bahwa hari-hari ini adalah hari  yang jahat, tidak banyak waktu yang tersisa, untuk itu marilah pergunakan kesempatan yang Tuhan berikan untuk kita, mengasihi Tuhan dan hidup melakukan kehendak-Nya sampai Tuhan Yesus kembali seperti yang Ia katakan kepada kita, agar kita di jumpainya tetap setia. Tuhan Yesus memberkati semua saudara sekalian.

Sumber_goodNews_gpps_immanuel

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *