Walikota Dumai Membuka Ranwal RKPD Kota Dumai Tahun 2023

0
172

DUMAI,WARTAPENARIAU.com-Pemerintah Kota Dumai melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Dumai menggelar Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Dumai tahun 2023. bertempat di Balai Sri Bunga Tanjung, Kota Kamis (27/01/2022).

Walikota Dumai, H. Paisal, SKM, MARS membuka secara langsung Forum Konsultasi Publik yang bertemakan “Mengembangkan Berbagai Sistem, Sarana dan Prasarana, Potensi, Sumber Daya, serta Instrumen Pendukung yang Kondusif untuk Memperkuat Kota Dumai Sebagai Kota Pelabuhan dan Industri yang Unggul dan Bertumpu pada Budaya Melayu”.

Walikota Dumai dalam sambutannya mengatakan bahwa berdasarkan peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 tahun 2017 pasal yang mengupas tuntas perihal perencanaan, dijelaskan bahwa rancangan awal RKPD dibahas bersama dengan kepala perangkat daerah dan perwakilan masyarakat dalam forum konsultasi publik untuk memperoleh masukan, saran dan penyempurnaan.

“Forum ini sangat strategis guna mengkomunikasikan dan mengkoordinasikan rencana pelaksanaan pembangunan yang mampu menjawab isu-isu dan tantangan pembangunan daerah pada tahun 2023,”ucapnya.

H. Paisal juga menjelaskan bahwa rancangan awal prioritas pembangunan daerah pada tahun 2023 ini diantaranya pengembangan ekonomi masyarakat sebagai pendukung aktivitas industri dan kepelabuhanan, pengembangan kualitas sumber daya manusia yang berbudaya melayu, dan peningkatan kualitas infrastruktur untuk peningkatan pelayanan dasar dan penunjang aktivitas ekonomi.

“Selain itu juga ada peningkatan kualitas lingkungan hidup dan ketahanan bencana serta peningkatan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintah daerah,” ucapnya.

H.Paisal mengungkapkan bahwa sejak Pandemi Covid-19 melanda, proses penyusunan perencanaan dan penganggaran daerah dibayangi dengan berbagai keterbatasan. Anggaran daerah masih sangat bergantung pada dana perimbangan dari Pemerintah Pusat.

Editor: Agustina, S.Pd

Sumber: Diskominfo Kota Dumai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here