by

Wako Dumai Galakkan Penanaman Bibit Mangrove

DUMAI,WARTAPENARIAU.com-Wali Kota Dumai, H Paisal menggalakkan penanaman bibit Mangrove guna mencegah instrusi air laut, erosi dan abrasi pantai yang kerap terjadi pada daerah-daerah yang berada di sebagahian pesisir pantai laut Dumai.

Selain itu juga, penanaman bibit mangrove dapat membentuk ekosistem baru bagi munculnya habitat hewan air seperti udang, ikan dan kepiting bakau.

Sehubungan dengan digalakkannya penanaman mangrove tersebut, Walikota Dumai, H. Paisal SKM MARS pun melakukan kegiatan penanaman 10.000 bibit manggrove di Jalan Nelayan laut, Kecamatan Dumai Barat Kota Dumai.

Selain penanaman bibit mangrove tersebut turut bersamaan dilakukan penebaran 100.000 benih ikan di Embung yang berada di Lahan Pelindo I Dumai. Minggu (21/03-2021).

Kegiatan penanaman bibit mangrove diprakarsai oleh Santri Tani Nahdlatul Ulama merupakan rangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Hutan dan Air Sedunia tahun 2021 yang berpusat di Kota Dumai.

Wali Kota Dumai, H Paisal SKM MARS, dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Santri Tani NU atas terselenggaranya kegiatan itu bersama Forkopimda Provinsi Riau dan Forkopimda Kota Dumai.

“Tentunya ini suatu hal yang positif untuk Kota Dumai. Terlebih di masa pandemi Covid-19 kita mengupayakan bagaimana ekonomi di daerah kita agar segera pulih kembali. Hal ini merupakan bagian dari merespon instruksi Presiden RI didalam program pemulihan ekonomi nasional,” ucapnya.

H Paisal menyebutkan, dengan digalakkannya bidang pertanian, perikanan, peternakan, dan bidang perkebunan akan menjadi potensi yang luar biasa dalam upaya meningkatkan ekonomi nasional.

Kemudian Paisal juga mengharapkan sinergitas bersama antara Forkopimda Riau dan Forkopimda Dumai untuk menjemput bola ke Pusat terutama ke Kementrian-kementrian terkait.

“Insya Allah ini akan menjadi peluang besar buat kita. Kami mohon do’anya agar Provinsi Riau khususnya Kota Dumai benar-benar segera pulih ekonominya meskipun di masa pandemi,” harapnya.

Dalam kegiatan penanaman bibit mangrove dan penaburan benih ikan di embung dimaksud, turut hadir Ketua Umum DPP Santri Tani NU.

Demikian Danrem 031 Wira Bima, Perwakilan Kapolda Riau, Danlanud Roesmin Nurdjadin, Danlanal Dumai, Dandim 0320 Dumai, Waka Polres Dumai, Perwakilan MUI Provinsi Riau, PSMTI Riau, Ketua Santri Tani NU Kota Dumai, Aliansi Pewarta Pertanian Indonesia serta tamu undangan lainnya hadir dalam kesempatan itu.

Penulis  : Tambunan
Sumber : Diskominfo Dumai

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *