TP PKK Kota Dumai Peduli Warga Terdampak Covid-19

0
187

DUMAI,WARTAPENARIAU.com-Kaum Ibu Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) kota Dumai, adakan posko dapur umum untuk penyediaan paket makanan pokok siap saji bagi masyarakat kota Dumai terdampak wabah Covid-19, bertempat di halaman rumah pribadi Hj. Haslinar Zulkifli, AS, Jl Bintan kota Dumai, Selasa (5/5/2020).

Pembukaan posko dapur umum TP PKK kota Dumai tersebut diresmikan Walikota Dumai, Drs H Zulkifli As,M.Si.

Dikoordinasikan langsung Hj.Haslinar Zulkifli AS, posko dapur umum tersebut mengolah,memasak dan mempacking makanan pokok yang dikerjakan oleh 20 orang kaum ibu TP PKK, dibantu 11 orang kaum bapak tanggap darurat bencana (tagana) dari Dinas Sosial (Dinsos) dibawah koordinator lapangan (korlap), Rahmat Sunaryo.

Hj Haslinar Zulkifli AS dalam sambutannya mengatakan, “Posko dapur umum ini di inisiatif oleh TP PKK kota Dumai sebagai upaya kita bersama bagaimana menyikapi dan tanggap kepada masyarakat lapisan bawah yang terdampak wabah Covid-19. Mudah-mudahan sumbangan makanan pokok siap saji ini bisa meringankan beban ekonomi warga masyarakat,”ucap Hj.Haslinar.

Sementara itu, Walikota Dumai, Drs H Zulkifli AS,M.Si dalam sambutannya menekankan kepada TP PKK kota Dumai agar acara ini tidak mengundang organisasi perangkat daerah (OPD) dan tidak melanggar protokol penanganan pencegahan Covid-19, yang tidak terjadi kerumunan orang ramai.

“Dengan dibukanya posko dapur umum TP PKK kota Dumai ini, dapat memadukan para pemilik modal atau donatur, dikolaborasikan dengan sumbangan tenaga dari TP PKK kota Dumai, yang akhirnya dapat menghasilkan energi berupa paket makanan pokok siap saji kepada masyarakat yang terdampak langsung wabah Covid-19. Terima kasih kepada semua pihak yang bersedia menjadi donatur kegiatan posko dapur umum ini,”ucap Walikota Dumai.

Ada berbagai pihak dan dinas yang terlibat sebagai donatur posko dapur umum tersebut, yaitu BPBD kota Dumai dipimpin langsung Kalaksa Afrilagan mendonasikan :
1. Masker kain 500 lbr
2. Tenda dapur 1 unit
3. Spanduk 2 lbr

Dinas Sosial mendonasikan mobil colt diesel modifikasi dapur umum 1 unit dan memperbantukan 11 orang petugas.

Dinas kesehatan dipimpin Plt Kadis H.Syafrinaldi S.Sos,M.Si mendonasikan :
1. Westafel dan tanki air 4 unit
2. Thermogun 1 unit
3. Alat tulis 1 paket
4. Vitamin 100 butir
5. Handscoon khusus 2 kotak
6. Leafleat Imsakiyah 1 rim
7. Leafleat 1 rim
8. Handspoon karet 1 kotak

PT.SDS mendonasikan 60 bks minyak goreng @2 ltr, PT.Kopi ABC mendonasikan tenda 3×3 mtr 3 unit dan kopi sachet 1 kardus, BRI kantor cabang Dumai dipimpin M.Fendi Maulana mendonasikan dana 100 kg beras dan 10 dus mi telur, Kabag UPL pengadaan barang dan jasa sekretariat daerah dipimpin Said mendonasikan telur 10 papan, kadis Dinas Perlindungan Perempuan dan Anak (DPPA) dipimpin Hj Dameria mendonasikan beras 100 kg, kadis PUPR Zulkarnain mendonasikan uang Rp 1.000.00.- dan terakhir ketua TP PKK Bukit Kapur dipimpin Ny Agus Gunawan mendonasikan beras 67 kg.

Semua donasi diberikan oleh berbagai pihak secara simbolis kepada ketua TP PKK kota Dumai, Hj Haslinar Zulkifli AS disaksikan oleh Walikota Dumai, Drs H Zulkifli AS,M.Si.

Makanan pokok yang dimasak sebanyak 500 paket untuk hari Selasa (5/05/2020) akan dibagikan ke kecamatan Dumai Kota, Dumai Timur dan Dumai Barat.

Sementara kecamatan lain akan menyusul Rabu (6/05/2020), tergantung donasi yang masuk dan  jumlah paket makanan bisa terjadi perubahan.

Posko Dapur TP PKK juga membuka rekening donasi yang bisa diakses oleh umum untuk berpartisipasi dalam pemberian dana ke rekening BRI no.0159010122246532 atas nama Dameria.

Acara tersebut dihadiri Camat Dumai Kota, Anggi Sukma Buana, Camat Bukit Kapur, Agus Gunawan, Camat Dumai Timur, Zulfahren, Camat Dumai Selatan, Yudha, Camat Dumai Barat, Adian Harahap, Camat Medang Kampai, M.Zakir dan Camat Sungai Sembilan, Tanwir.

Tidak ketinggalan Kadis Kominfo kota Dumai, Fauzan, Kadis Sosial kota Dumai, Hasan Basri yang diwakili, Lurah Bintan, Joko Susilo dan Lurah Sukajadi, Ali.

Penulis : Effendy Sitompul

Editor   : Nelson

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here