Tim KUKERTA UNRI Sosialisasi PHBS Di SMPN 1 Kerinci Kanan

0
549

RIAU,WARTAPENARIAU.com-Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) Universitas Riau (UNRI) Desa Bukit Harapan melakukan sosialisasi PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) di sekolah.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan di SMPN 1 Kerinci Kanan, Kecamatan Kerinci Kanan, Kabupaten Siak, Provinsi Riau, Jumat pagi (29/07/2022) pukul 08:00 WIB sampai dengan selesai.

PHBS merupakan singkatan dari perilaku hidup bersih dan sehat. PHBS di sekolah adalah kebiasaan atau perilaku positif yang dilakukan oleh setiap siswa, guru, penjaga sekolah, petugas kantin, orangtua siswa, dan lain-lain, yang dengan kesadarannya untuk mencegah penyakit, meningkatkan kesehatannya serta aktif dalam menjaga lingkungan sehat di sekolah secara mandiri.

Penerapan PHBS di sekolah sangat perlu untuk dilakukan demi menjaga kebersihan, kesehatan dan keselamatan seluruh warga sekolah.

Tim KUKERTA UNRI melakukan sosialisasi PHBS di sekolah untuk membangun kesadaran warga sekolah akan pentingnya menjaga kebersihan dan menciptakan lingkungan sekolah yang sehat dan nyaman.

Ilham Kurniawan perwakilan tim KUKERTA selaku pemateri menyampaikan, terdapat 8 perilaku yang mencerminkan PHBS di sekolah yaitu: mencuci tangan dengan air bersih yang mengalir dan menggunakan sabun, membersihkan lingkungan sekolah, olahraga yang teratur, memberantas jentik nyamuk, menggunakan jamban dengan baik, membeli jajanan yang sehat di kantin sekolah, rutin menimbang berat badan dan tinggi badan dan terbebas dari asap rokok.

Saat sosialisasi berlangsung tim KUKERTA UNRI juga membagikan poster PHBS. Pembagian poster PHBS dilakukan agar siswa-siswi lebih memahami materi yang disampaikan.

Selain itu tim KUKERTA UNRI  juga mengajak siswa-siswi untuk mempraktikkan gerakan 6 langkah mencuci tangan yang baik dan benar.

“Kegiatan sosialisasi PHBS di sekolah berjalan dengan lancar dan siswa-siswi terlihat antusias mendengarkan materi dari Ilham Kurniawan,” ujar ketua tim KUKERTA UNRI Desa Bukit Harapan, M. Rizky Ananda

Pihak sekolah menyampaikan rasa terima kasih kepada tim KUKERTA karena telah memberikan edukasi mengenai PHBS di sekolah dan membantu membangun kesadaran siswa-siswi untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

Dengan adanya kegiatan sosialisasi dari mahasiswa KUKERTA UNRI Tahun 2022 ini, diharapkan siswa-siswi mempunyai kesadaran untuk berperilaku hidup bersih dan sehat serta diharapkan dapat diterapkan tidak hanya di sekolah dan di rumah tapi dimanapun mereka berada.

Untuk menunjang hal tersebut tim KUKERTA UNRI memberikan spanduk berisikan pentingnya PHBS di sekolah yang nantinya dapat dipajang di dinding sekolah dan dapat dibaca oleh seluruh siswa-siswi SMPN 1 Kerinci Kanan, Kecamatan Kerinci Kanan, Kabupaten Siak, Provinsi Riau.***(KUKERTA UNRI)

Editor: T.Sitompul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here