by

Tidak Ada Ditemukan Suspeck Virus Corona Di Pelabuhan Kota Dumai

DUMAI,WARTAPENARIAU.com-Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Dumai, H. Efrizon. SKM, melalui Kepala Seksi Pengendalian Karantina Surveilans Epidemiologi (PKSE), Suprapto. SKM. Si, mengakui hingga saat ini tidak ada menemukan Suspeck Virus Corona di Pelabuhan Internasional Kota Dumai.

“Selama kami melakukan pengecekan penumpang dari Malaysia,  tidak ada ditemukan suspeck virus corona di terminal internasional Pelabuhan Pelindo I Dumai,”ujar Suprapto mengklarifikasi informasi yang berkembang.

Namun demikian kata Suprapto, pihaknya (KKP) Kelas III Dumai akan lebih maksimal melakukan pengecekan para penumpang di pelabuhan kedatangan Internasional di pelabuhan Pelindo I Dumai.

Menurut Suprapto SKM.Si, seluruh penumpang kedatangan luar negeri di terminal pelabuhan Pelindo I Dumai diarahkan petugas KKP untuk melewati Thermascenner alat pemindai suhu badan yang sudah tersedia di terminal penumpang pelabuhan Pelindo I Dumai.

Alat Thermascenner kata Suprapto akan bekerja memindai tingkat suhu badan para penumpang luar negeri. Artinya, bila penumpang mengalami tingkat suhu badan tinggi akan terbaca oleh alat Thermascenner.

Selain Thermascenner jelas Suprapto lagi, petugas KKP juga memakai alat pemindai suhu digital manual mobile infrared Thermometer.

Alat pemindai suhu digital ini jelas Suprapto dipergunakan secara manual didekatkan ke kening penumpang sehingga alat dapat mendeteksi atau memindai tingkat suhu penumpang yang di diperiksa.

“Jadi hingga sejauh ini pihak kami belum ada menemukan suspeck virus corona dari penumpang luar negeri di pelabuhan Pelindo I Dumai”, imbuh Suprapto mengulangi klarifikasinya seakan memastikan.

Dihubungi lewat nomor WhatsApp nya pagi tadi, Senin (27/1-2020), kepada Wartapenariau.com, Suprapto SKM. Si, mengungkapkan bahwa hari ini Walikota Dumai, Zulkifli AS, akan megunjungi terminal penumpang pelabuhan Internasional Pelindo I Dumai.

Walikota Dumai, Zulkifli AS akan melakukan pemeriksaan/pengecekan Thermascenner, alat pemindai suhu yang ada di dalam terminal pelabuhan Pelindo I Dumai.

“Hari ini Walikota Dumai, Zulkifli AS akan datang ke terminal pelabuhan Pelindo I Dumai untuk memastikan dan memeriksa alat Thermascenner pemindai tinkat suhu badan para penumpang luar negeri,”tandas Suprapto.

Semetara itu, dihubungi terpisah lewat nomor WhatsAppnya terkait informasi berkembang adanya penumpang luar negeri di pelabuhan Dumai terinveksi suspeck virus corona dirawat di RSUD Dumai dibantah pihak rumah sakit setempat.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dumai, Ridonaldi, membantah keras informasi tersebut dengan menyebut belum ada “belum ada pak,” imbuh Ridonaldi membantah.***(Tambunan)

 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *