by

SW Simanungkalit Resmi Jabat Anggota DPRD Dumai Masa Jabatan 2019-2024

DUMAI,WARTAPENARIAU.com-Sejak hari ini, Senin 26 Oktober 2020, SW. Simanungkalit, resmi menjadi anggota DPRD Kota Dumai untuk masa jabatan 2019-2024.

Acara pelantikan dan pengucapan sumpah janji oleh SW Simanungkalit berlangsung hari ini diruangan rapat Paripurna Gedung DPRD Kota Dumai dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kota Dumai, Agus Purwanto, ST.

SW Simanungkalit dilantik dan sumpah janji menjadi anggota DPRD Kota Dumai merupakan anggota DPRD Pengganti Antar Waktu dengan sisa masa jabatan tahun 2019-2024.

Anggota DPRD Kota Dumai yang baru dilantik ini merupakan kedua kalinya menjabat di DPRD Kota Dumai. Dimana pada periode sebelumnya tahun 2009-2014, SW Simanungkalit juga duduk sebagai anggota Dewan dari Partai Golkar.

Dan untuk sisa masa jabatan sebagai DPRD Kota Dumai 2019-2024, SW Simanungkalit resmi dilantik sebagai PAW adalah menggantikan Syarifah yang maju sebagai calon wakil Walikota Dumai pada Pilkada Desember 2020 mendatang di Kota Dumai yang juga dari kader Partai Golongan Karya (Golkar).

Peresmian pengangkatan dan pengucapan sumpah janji Pengganti Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Kota Dumai sisa masa jabatan 2019-2024 merupakan Keputusan (SK) Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar, nomor : Kpts.1453/X/2020 tanggal 12 Oktober 2020.

SK Gubri tersebut menyebut tentang peresmian pemberhentian anggota DPRD Kota Dumai atas nama Syarifah, S.H dan peresmian pengangkatan anggota DPRD Kota Dumai atas nama S. Wesly Simanungkalit masa jabatan 2019-2024.

Sebelum dilaksanakan prosesi sumpah janji anggota DPRD PAW, Sekretaris Dewan (Sekwan), Fridarson, S.H, dalam rapat paripurna tersebut menyampaikan bahwa pengambilan sumpah/janji kepada anggota PAW merupakan ketentuan pasal 156 ayat (1) Peraturan DPRD Kota Dumai Nomor 1 Tahun 2019 tentang Tata Tertib DPRD Kota Dumai.

Dimana anggota DPRD PAW sebelum memangku jabatannya disebut harus mengucapkan sumpah/janji dipandu oleh pimpinan DPRD dalam Rapat Paripurna.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Dumai, Agus Purwanto ST, dalam kata sambutannya usai melantik anggota DPRD PAW, mengatakan terhitung sejak hari ini, Senin (26/10-2020), anggota DPRD Kota Dumai PAW (SW Simanungkalit-red) resmi menjadi anggota DPRD Kota Dumai.

“Atas nama pimpinan dan segenap anggota DPRD Kota Dumai mengucapkan selamat bertugas kepada yang terhormat saudara S. Wesly Simanungkalit. Tentunya kami menyambut gembira atas kehadiran SW Simanungkalit kembalinya di lembaga ini,”ungkap Agus Purwanto.

Kepada Syarifah yang berhenti sebagai anggota Dewan dan mencalon kandidat sebagai  wakil Walikota Dumai dalam Pilkada Desember 2020 nanti, Agus Purwanto tidak luput menyampaikan ucapan terima kasihnya atas pengabdian Syarifah sebagai anggota DPRD Kota Dumai sebelumnya menjabat lebih dari enam tahun dengan penuh dedikasi.

“Kami atas nama pimpinan dan segenap anggota DPRD Kota Dumai mengucapkan terima kasih atas pengabdian dan kerjasamanya selama ini. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan hidayah dan pahala atas kebaikan dan pengabdiannya selama ini,” ungkap Ketua DPRD Kota Dumai.

Mengakhiri ucapan terima kasihnya atas pengabdian Sysrifah selama anggota DPRD Kota Dumai, Agus Purwanto tidak luput menyampaikan untain pepatah dengan menyebut “tidak ada gading yang tidak retak dan tidak ada manusia yang tidak pernah berbuat salah, baik sengaja ataupun tidak sengaja semasa bertugas selama ini,”ujar Agus.

Dipenghujung sambutannya, Agus Purwanto dihadapan para anggota Dewan dan tamu undangan memaparkan kalau lembaga DPRD merupakan bagian dari unsur penyelenggara Pemerintah Daerah dan refresentasi kepentingan publik.

Oleh karenanya kata Agus Purwanto, DPRD merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam perumusan dan pengambilan kebijakan publik.

DPRD bersama Walikota merupakan mitra sejajar. Hal ini tergambar dalam uraian tugas dan fungsi Dewan sebagaimana diatur dalam Peraturan Tata Tertib (Tatib) DPRD Kota Dumai,“papar Agus Purwanto.

Dalam kesempatan acara pengambilan sumpah/janji anggota DPRD Kota Dumai PAW tersebut, Walikota Dumai, Zulkifli AS juga menyampaikan sambutannya.

Atas kehadiran SW Simanungkalit kembali kedua kalinya sebagai anggota DPRD Kota Dumai, Walikota Dumai, Zulkifli AS menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi.

Keberadaan SW Simanungkalit sebagai anggota Dewan menurut Zulkifli AS sudah cukup berpengalaman dalam bertugas sebagai anggota DPRD Kota Dumai dan semoga sukses amanah mengambil kebijakan publik Kota Dumai, seakan demikian kata Wako mengakhiri acara pelantikan dan sumpah/janji tersebut.

Penulis : A.Tambunan

Editor   : Tina

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *