Silaturahmi FKJ Kota Dumai Bersama Wakil Walikota Dumai Dan IKJS Kota Dumai

0
325

DUMAI,WARTAPENARIAU.com-Silaturahmi Forum Komunikasi Jaranan (FKJ) Kota Dumai Bersama Wakil Walikota Dumai, Eko Suharjo, SH dan Ikatan Keluarga Jawa Sumatera (IKJS) Kota Dumai,bertempat di jalan Arifin Ahmad, halaman rumah Soeparto Wiguno di Jl.Arifin Ahmad, Kota Dumai, Sabtu (29/2/2020).

Silaturrahmi yang menampilkan pagelaran budaya jaranan (kuda lumping) ini diikuti grup jaranan yang ada di kota Dumai.

Adapun grup yang tampil, yaitu Turonggo Wargo Budoyo pimpinan Misnan dari kelurahan Bukit Batrem, Turonggo Ngesti Budoyo pimpinan Alex juga dari kelurahan Bukit Batrem, Joyo Putro Budoyo pimpinan M.Zamsul dari kelurahan Tanjung Penyembal, Sapto Krido Budoyo pimpinan Ngatino dari kelurahan Tanjung Penyembal, Turonggo Setyo Budoyo pimpinan Wuryanto dari Simpang Murini, Tri Rahayu pimpinan Misni dari simpang Murini, Satrio Wijoya pimpinan Junaidi dari Simpang Panam, Wargo Budoyo pimpinan Mastur dari kelurahan Pelintung dan Rahayu Satrio Budoyo pimpinan Yanto dari kelurahan Teluk Makmur.

Wakil Wali kota Dumai, Eko Suharjo SE dalam sambutannya mengatakan, budaya jaranan adalah budaya jawa dari para leluhur yang perlu dilestarikan dan diturunkan kepada generasi muda, yang merupakan identitas bangsa Indonesia.

Wawako, Eko Suharjo,SE bersama Ketua IKJS Dumai, H.Paiman

“Oleh sebab itu saya mengajak masyarakat luas terutama keluarga besar IKJS kota Dumai untuk mengembangkan dan menggali budaya-budaya jawa supaya tidak tergerus jaman,” ujar Eko Suharjo, SE.

Sementara itu, Ketua umum IKJS kota Dumai, H Paiman dalam sambutannya mengungkapkan keinginan pembentukan Forum Kominikasi Jaranan sudah sejak 3 tahun lalu dibicarakan, namun baru beberapa hari (3 hari ) kemarin kepengurusan FKJ langsung dibentuk dan dengan cepat bekerja. “Jadi selamat buat kepengurusan dibawah kepemimpinan Wuryanto Saputro yang terpilih sebagai ketuanya. Silahkan kembangkan budaya jaranan. Kita keluarga besar IKJS bersyukur forum ini terbentuk. Budaya jaranan ini patut dilestarikan, kalau bukan kita siapa lagi.”tandas H.Paiman.

Wawako, Eko Suharjo,SE bersama Wartawan di Dumai

Acara pagelaran budaya jaranan yang pandu oleh Hari tersebut, selain menampilkan grup jaranan, juga menampilkan seorang penari cilik Galih dari grup jaranan Tri Rahayu pimpinan Misni dari Simpang Murini.

Sepanjang acara berlangsung musik kesenian tradisional Jawa Sapto Krido Budoyo pimpinan Ngatino dari Tanjung Penyembal, Kecamatan Sungai Sembilan mengiringi dengan setianya.***(Effendy Sitompul).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here