Salus Populi Suprema Lex Esto

0
385

DUMAI,WARTAPENARIAU.com-Dalam menanggulangi virus corona (Covid-19), Pemerintah pusat mengalokasikan anggaran untuk membantu masyarakat dan dana operasional para petugas yang terlibat dalam penanggulangan wabah virus corona tersebut.

Pemerintah pusat mengeluarkan dana yang cukup besar kurang lebih Rp. 400, triliun keseluruh Nusantara mulai dari pusat sampai kepemerintah provinsi, kabupaten/kota.

Pemerintah Kota Dumai juga mengeluarkan anggaran kurang lebih Rp100 M yang diambil dari 37 SKPD untuk disalurkan ke masyarakat yang terdampak wabah virus corona.

Kepala Dinas Sosial Kota Dumai, Hasan Basri S Kom, ketika dikonfirmasi wartapenariau.com via telepon genggamnya, Rabu (22/4/2020) membenarkan bahwa pihaknya akan segera menyalurkan bantuan kepada masyarakat Kota Dumai, tetapi penyalurannya harus tepat sasaran.

Menurut Hasan Basri, jumlah masyarakat yang akan mendapat bantuan tersebut sekitar 20.000 kepala keluarga (KK). “Kita harus memilih jika warga masyarakat yang sudah dapat bantuan raskin atau bentuk bantuan lain dari pemerintah tidak lagi diberikan bantuan, karena bantuan yang akan diberikan ini paket sembako yang nilainya kurang lebih Rp600.000,/KK.

Kasi Intel Kejaksaan Negeri Dumai, Dede Setiawan SH, saat dikonfirmasi terkait penyaluran dana bansos tersebut mengatakan, secara teknis pihak kejaksaan Negeri Dumai tidak terlibat langsung di lapangan. “Tetapi dari segi pengawasan, kita akan tetap awasi agar tidak menjadi menimbulkan tindakan melawan hukum, yang sangat urgen adalah keselamatan masyarakat sesuai dengan Salus Populi Suprema Lex Esto ( hukum tertinggi adalah keselamatan masyarakat),”ucap Dede dengan nada ramah kepada wartapenariau.com.

Kepala Satpol PP Kota Dumai, HR Bambang Wardoyo, SH, saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya selalu siap untuk memberi pelayanan kepada masyarakat dan menegakkan Perwako dan juga mengedukasi masyarakat agar selalu mematuhi aturan dan peraturan pemerintah, demi keselamatan masyarakat khususnya warga Kota Dumai.

Pantauan kompasriaiu.com di lapangan, bahwa satuan polisi pamong Praja Kota Dumai selalu hadir di tengah-tengah masyarakat untuk menegakkan perwako dan juga untuk memberi pelayanan kepada masyarakat tanpa batas waktu siang dan malam.

Penulis : JK.Situmeang

Editor   : Nelson

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here