PT SDS (Apical) Bersama KSOP Kelas I Dumai Gelar Latihan Bersama Exercise ISPS Code

0
188

DUMAI,WARTAPENARIAU.com-PT Sari Dumai Sejati (Apical) menggelar kegiatan Latihan Exercise ISPS Code dengan supervisi dari Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjenhubla), Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Dumai.

Kegiatan latihan Exercise ISPS Code ini dilaksanakan di lingkungan PT Sari Dumai Sejati (SDS) – Apical, Kawasan Industri Lubuk Gaung, Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai, berlangsung, Rabu tanggal 9 Pebruari 2022.

Management PT SDS (Apical) lewat  humasnya Kamero Bangun kepada media mengatakan, latihan Exercise ISPS Code digelar untuk meningkatkan kemampuan personil Tersus PT Sari Dumai Sejati (SDS) – Apical dalam  mengantisipasi jika terjadi gangguan keamanan sehingga tidak mengganggu  kelancaran operasional .

Victor Vikki Subroto MM, M.Mar, selaku Kepala Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Dumai, dalam pesan sambutannya disampaikan melalui Fitri Harsoyo SE, MM, Kepala Seksi Penjagaan Patroli dan Penyidikan KSOP Kelas I Dumai mengatakan, adanya kegiatan latihan Exercise ISPS Code penting untuk dilakukan.

Hal itu menurut Fitri Harsoyo, karena ada berbagai bentuk ancaman gangguan keamanan difasilitas pelabuhan sesuai dengan yang disebutkan dalam Part B 15.11 Bab II -2 SOLAS 1974, seperti ancaman perusakan fasilitas, penghancuran, pembajakan, penyelundupan dan lain lain, imbuhnya.

Adapun pelakunya lanjut Fitri Harsoyo, bisa dilakukan oleh siapapun baik dari kalangan eksternal maupun dari internal.

“Kita selaku petugas yang ditunjuk sebagai personil dengan tugas dibidang pengamanan harus selalu waspada terhadap terjadinya segala kemungkinan ancaman”, ungkap Harsoyo.

Lanjut Fitri Harsoyo melanjutkan  sambutannya, bahwa terciptanya keamanan pelabuhan secara keseluruhan diselenggarakan oleh Komite Keamanan Pelabuhan yang unsur unsurnya antara lain terdiri dari KSOP, TNI AL, TNI AD, Polair, Polsek Kawasan Pelabuhan, Imigrasi, Beacukai, Karantina, serta kantor Kesehatan dan unsur BUP.

Sementara itu, managemen PT Sari Dumai Sejati (Apical) dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kamero Bangun selaku humas, menyadari bahwa keamanan adalah salah satu modal utama yang penting agar operasional perusahaan berjalan lancar tidak ada gangguan.

Oleh karena itu terciptanya keamanan harus di upayakan bersama oleh semua bagian khususnya yang ada di lingkungan PT Sari Dumai Sejati (Apical).

Dalam kesempatan menggelar kegiatan Latihan Exercise ISPS Code tersebut, humas PT SDS (Apical), Kamero Bangun tidak lupa menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang yang sudah terlibat dalam rangka mempersiapkan personil yang tangguh untuk menciptakan keamanan terutama dari sisi laut. “Ini tentunya akan membantu kelancaran operasional perusahaan”, tandas Kamero.

Oleh karena itu ujar Kamero menambahkan harapan management kepada semua peserta yang ikut exersise mempunyai pemahaman dan kapasitas lebih baik lagi untuk menangkal setiap rencana maupun upaya tindak kejahatan.

Menurut Kamero Bangun, Thema kegiatan Exercise ISPS Code tersebut adalah “Penanganan Gangguan Keamanan Disertai Upaya Pembakaran Fasilitas Yang Masuk Melalui Akses Perairan Di Terminal Khusus.

PT  Sari Dumai Sejati (Apical) dalam latihan tersebut jelas Kamero lagi dengan melakukan bentuk kombinasi table top dan skala penuh (basah), dan disamping dilakukannya latihan pengamanan dari gangguan keamanan juga digelar latihan simulasi penanganan kebakaran oleh team dengan dukungan dari team KSOP, Polsek Sungai Sembilan serta RSO Kaneta Efka Jaya sebagai Konsultan pendamping.

Editor: A.Tambunan

Sumber: Humas PT.SDS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here