PT.PDB Kelola Terminal Penumpang Dumai Berjalan Dengan Baik

0
220

DUMAI,WARTAPENARIAU.com-Berdasarkan kerjasama pemanfaatan (KSKP) antara Pemerintah Kota Dumai dengan PT.Pelabuhan Dumai Berseri (PDB), bahwa untuk pelaksanaan pengelolaan terminal nomor: 13/Dishub/2 003/PT.PDB-Pemko Dumai/Mei/2018, penumpang domestik pelabuhan Dumai, PT.PDB mempersiapkan sarana dan prasarana yang berkaitan dengan pelayanan penumpang domestik.

Terminal Penumpang Domestik Pelabuhan Dumai

Informasi yang berhasil dihimpun awak media ini di kota Dumai menyebutkan  PT.PDB sebagai pelaksana pengelola, tidak bekerja sendiri di terminal penumpang domestik pelabuhan Dumai.

“Managemen PT.PDB juga bersama instansi terkait lainnya dan mempersiapkan fasilitas untuk petugas Bea Cukai, Karantina, Kepolisian, yang terdiri dari KSKP dan Pol Air serta petugas TNI AL. Ini untuk segi keamanan,”ujar Manager operasional PT.PDB Terminal Penumpang domestik, Tengku Mohamad Zalek kepada awak media ini di ruang kerjanya, Jum’at (19/7/2019).

Dikatakan Zalek, selain fasilitas dipersiapkan, bahwa petugas fungsi melekat di terminal penumpang domestik pelabuhan Dumai. “3 instansi  (Bea Cukai, Karantina, dan Kepolisian-red) dan juga petugas KSOP Dumai, sesuai fungsinya adalah sebagai penyelenggara kepelabuhanan dari segi unsur keselamatan pelayaran dan keselamatan penumpang,”ucap Manager operasional PT.PDB.

Selain itu, PT.PDB sesuai KSP (Kerjasama Pemanfaatan) yang diterbitkan Pemerintah kota Dumai, bahwa Dinas Perhubungan Kota Dumai menempatkan personilnya di terminal penumpang domestik Pelabuhan Dumai.

“Adapun personil Dinas Perhubungan Kota Dumai, seperti personil security, pekerja tenaga harian lepas dan pekerja Cleaning service untuk melakukan pembersihan di kawasan areal terminal penumpang domestik ini,”jelas Zalek.

Disebutkan  Zalek,  bahwa dirinya mengemban amanah sebagai Manager operasional di terminal penumpang domestik  pelabuhan Dumai oleh Pemerintah kota Dumai  melalui Direktur Utama PT.PDB, Nurul Amin ,SE.MM. “Untuk itu saya bekerja keras bersama rekan yang didudukkan di devisi terminal penumpang domestik  ini komit menjalankan tugas sesuai tupoksi dan terus berupaya tingkatkan kinerja yang lebih baik demi memajukan terminal penumpang domestik pelabuhan Dumai yang merupakan aset Pemko Dumai,”ujar Zalek.

Ketika ditanya terkait omset yang diperoleh terminal penumpang domestik pelabuhan Dumai. Dikatakan Zalek, pihaknya secara rutin melaporkan kegiatan di terminal penumpang kepada pimpinan dan juga laporan bulanan kegiatan terminal penumpang domestik kepada direktur utama PT.PDB.

“Untuk diketahui, bahwa pengoperasian pengelolahan terminal penumpang dosmetik pelabuhan Dumai, PT.PDB memposisikan personil di devisi terminal penumpang, yaitu Manager operasional, Kabid Kepelabuhanan, Koornator lapangan dan ADM di bidang pelayanan terminal,”jelas Zalek menjawab awak media ini.

Ditanya terkait  berapa besarnya pendapatan (omset) yang terealisasi sejak beroperasi terminal penumpang domestik pelabuhan Dumai?  “Itu bukan kapasitas saya untuk memjelaskannya, tetapi yang berkewenang memberikan keterangan untuk pers terkait omset yang terealisasi adalah pimpinan PT.PDB,”tegas Zalek mengakhiri ucapannya.*** (Rds)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here