by

PT Musim Mas Diduga Tidak Pernah Melakukan Penghijauan DAS

Surat keterangan pemangku adat Desa Talau menerangkan bahwa sungai peragaian berada di dalam HGU PT Musim Mas

RIAU,WARTAPENARIAU.com-Tokoh masyarakat Desa Talau dan tokoh kepemudaan di Sorek I menyatakan bahwa sungai peragaian berada di dalam HGU PT Musim Mas di Desa Talau, Kecamatan Pangkalan Turas, Kabupaten Pelalawan.

Masyarakat Sorek I berharap kepada PT Musim Mas agar tidak menimbun dengan tanah daerah aliran sungai peragaian yang berada di dalam HGU PT Musim Mas.

”Dari dulu sungai peragaian itu tetap berada di dalam HGU PT Musim Mas, karena kami masyarakat di Desa ini masih banyak mengetahui  keberadaan sungai peragaian itu,”ungkap beberapa orang warga Desa Talau kepada wartapenariau.com.

Begitu juga, Badan Permusyarawatan Desa (BPD) Talau, Kecamatan Pangkalan Turas, Sulan membenarkan sungai peragaian berada di dalam HGU PT Musim Mas di Desa Talau, Kabupaten Pelalawan,Provinsi Riau.

”Benar pak, kalau menurut sejarah dari orang tua kami yang terdahulu, bahwa sungai peragaian berada di dalam HGU PT Musim Mas, tetapi selama ini, pihak PT Musim Mas tidak pernah dilakukan penghijauan daerah aliran sungai itu, padahal kami sudah pernah coba musyawarah dengan baik antara pihak PT Musim Mas dengan masyarakat Desa Talau, namun pihak PT Musim Mas mengatakan bahwa sungai peragaian bukan sungai, parit alam,”tutur Sulan kepada wartapenariau.com, Selasa (17/11/2020).

Kepemudaan Sorek I, Empy Januardi menyatakan, daerah aliran sungai (DAS) peragaian kecil berada di dalam HGU PT Musim Mas di Desa Talau, Pangkalan Kuras, Kebupaten Pelalawan.

“Kami yang tahu wilayah hukum Desa Talau, bukan warga Medan, Sumut. Tetapi orang tua kami siap membuktikan bahwa sungai peragaian dari dulu di Desa Talau dan tidak pernah dilakukan penghijauan oleh pihak PT Musim Mas, ”tegas Empy dengan nada senyum kepada Wartapenariau.com, Jumat (13/11/2020).

Kendati pada tanggal 6 November 2020, Wartapenariau.com telah melayangkan konfirmasi secara tertulis kepada penasehat hukum (PH) PT Musim Mas dan juga kepada bagian humas, namun hingga berita ini ditayangkan belum ada jawaban dari PH PT Musim Mas yang beralamat di Jl.KL.Yos Sudarso, Spring Tower,Kota Medan, .***(Tim)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *