Polres Dumai Ikuti Upacara Hari Bhayangkara Nasional Ke-74 Secara Virtual

0
202

DUMAI,WARTAPENARIAU.com-Berbeda dari biasanya, upacara peringatan hari Bhayangkara Ke-74 tahun 2020, dilaksanakan secara terpusat, melalui virtual ataupun live streaming, dari Istana Merdeka, Jakarta, dengan dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo sebagai inspektur upacara, Rabu (01/07/2020).

“Rangkaian kegiatan hari Bhayangkara Ke-74 tahun 2020 dilaksanakan secara sederhana. Konsepnya menyesuaikan kondisi saat ini,” ucap Presiden Joko Widodo.

Seluruh peserta upacara virtual di gedung Citra Waspada Polres Dumai, tampak menggunakan masker, tetap menerapkan sosial dan fisikal distancing, pengecekan suhu tubuh dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Upacara virtual Polres Dumai dipimpin oleh Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta Yudhistira S.I.K,M.H dihadiri oleh Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo SE, Wakapolres Dumai Kompol Alex Sandy Siregar, Dandim 0320/Dumai, Danlanal Dumai diwakili oleh Danden POM AL Dumai, dan Den Arh Rudal 004/Dumai, dan Sat Radar 232/Dumai, Kepala Kejaksaan Negeri Dumai, Ketua Pengadilan Negeri Dumai dan Anggota Komisi II DPRD Kota Dumai.

Tahun ini, Kepolisian Negara Republik Indonesia mengusung tema ‘Kamtibmas Kondusif, Masyarakat Semakin Produktif”.

Dengan beberapa kegiatan yang diusung tetap menyesuaikan kondisi saat ini, yaitu, mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Sejumlah rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara Ke-74 tahun 2020 yang telah dilaksanakan Polres Dumai ialah rapid test Covid-19, donor darah, anjangsana ke panti jompo dan panti asuhan, penyerahan bantuan Alat Pelindung Diri (APD), dan pemberian bingkisan sebagai wujud dukungan serta apresiasi kepada tenaga medis Kota Dumai.

Ada juga gerakan penanaman palawija dengan tujuan meningkatkan ketahanan pangan, tahlilan bersama dan pemuliaan nilai-nilai Tribrata oleh Polsek jajaran Polres Dumai, Bhakti Sosial serentak bagi masyarakat kurang mampu, masyarakat jompo, masyarakat penyandang disabilitas dan terdampak Covid-19, serta mengunjungi kediaman Purnawirawan, Warakawuri dan personil Polres Dumai yang sedang sakit, memberikan bucket bunga dan bingkisan.

Dalam amanatnya, Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo berpesan kepada seluruh personil Polri se Indonesia, untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, agar Polri semakin dipercaya dan dicintai oleh rakyat.

Presiden Joko Widodo juga berpesan kepada Polri untuk terus membantu percepatan penanganan virus corona (Covid-19), dan Polri diharapkan menjalin sinergi dengan penegak hukum lainnya.

“Dalam situasi yang sulit sekarang ini, kehadiran dan keterlibatan seluruh jajaran Polri sangat dibutuhkan. Mulai tingkat Mabes, Polda, Polres, dan Polsek sampai Bhabinkamtibmas di desa-desa dan kelurahan,”ucap Presiden Jokowi dengan tegas.

Diakhir sambutannya, Presiden Jokowi berpesan, “Polri harus aktif terlibat mengajak masyarakat untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan, aktif mengawal kelancaran dan ketepatan penyaluran bantuan sosial dan tentu saja menjaga keamanan dan ketertiban, agar situasi nasional tetap aman, kondusif dan damai”.

Pantauan wartapenariau.com  dilapangan, upacara hari Bhayangkara Ke-74 tahun 2020 sedikit berbeda dari sebelumnya, penuh kesederhanaan, namun pelaksanaanya tetap berlangsung hikmat. Acara ditutup dengan syukuran dan ramah tamah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan cegah Covid-19.***(Rilis Humas Polres Dumai)

Penulis : Effendy Sitompul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here