Polres Dumai Bagikan 1.000 Buku Untuk Meningkatkan Budaya Literasi

DUMAI,WARTAPENARIAU.com-Polres Dumai membagikan 1.000 buku untuk meningkatkan budaya literasi dengan rincian 500 buku ke SMP Swasta Hayati Jalan Pelajar Kelurahan Mekar Sari Kecamatan Dumai Barat, 250 buku ke SD Negeri 006 Jalan Pendidikan Kelurahan Bukit Kayu Kapur Kecamatan Bukit Kapur dan 250 buku ke SD Negeri 001 Jalan Mattaim Kelurahan Teluk Makmur Kecamatan Medang Kampai.

Pembagian buku bertemakan ‘Polri Peduli Budaya Literasi, Distribusi Buku Sampai Pelosok Nusantara’ ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-78 Tahun 2023 dan merupakan wujud komitmen Polri dalam menciptakan generasi yang gemar membaca, Kamis (31/8/2023).

Pendistribusian buku sampai pelosok nusantara merupakan program Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si dan dilaksanakan serentak diseluruh Indonesia mulai dari tanggal 21 Agustus hingga 16 Oktober 2023 dengan target pelosok-pelosok desa, panti asuhan, pondok pesantren dan sekolah-sekolah.

Kapolres Dumai, AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si, dalam distribusi buku ini, mengunjungi salah satu sekolah, yakni SMP Swasta Hayati Jalan Pelajar Kelurahan Mekar Sari Kecamatan Dumai Barat. Turut hadir Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Dumai Hj. Yusmanidar, S.Sos, M.Si, Camat Dumai Selatan Wahyu Wicaksono, S.IP, M.Si, para Pejabat Utama Polres Dumai dan Kapolsek Dumai Barat AKP Syahrizal, S.E, M.H, M.Si.

Disampaikan Kapolres Dumai, program Polri Peduli Budaya Literasi merupakan wujud komitmen Polri dalam menciptakan generasi muda khususnya anak-anak yang gemar membaca dengan berusaha menjangkau hingga ke wilayah di pelosok Desa.

“Polri Peduli Budaya Literasi Distribusi Buku Sampai Pelosok Nusantara yang mengandung arti bahwa Polri peduli mencerdaskan anak bangsa, karena buku adalah jendela dunia dan budaya gemar membaca dapat memperluas wawasan sebagai upaya penanaman kembali nilai-nilai Kebangsaan yang dijiwai dengan keimanan dan kemanusiaan. ,” ungkap AKBP Dhovan Oktavianton.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Dumai, Hj. Yusmanidar, S.Sos, M.Si, menyambut baik gerakan tersebut sebagai upaya menggalakkan kembali budaya gemar membaca khususnya pada anak muda serta sebagai penanaman kembali nilai-nilai Kebangsaan yang dijiwai keimanan dan kemanusiaan.

“Masih banyak saat ini generasi muda Indonesia yang malas untuk membaca dan lebih menggemari berselancar di dunia maya sehingga tidak ada penyaringan informasi yang sampai kepada mereka hal ini tentu sangat berbahaya bagi masa depan bangsa Indonesia,” ucapnya.

Hj. Yusmanidar, S.Sos, M.Si menilai gerakan ini dapat memberikan asupan postitif kepada generasi muda, khususnya dalam menangkal radikalisme.

“Dengan gerakan distribusi buku yang diinisiasi Bapak Kapolri ini diharapkan mampu menaikkan budaya gemar membaca yang ada di Indonesia serta dapat memberikan asupan nilai positif khususnya bagi generasi muda Indonesia serta dalam rangka menangkal bahaya radikalisme.” pungkasnya.

Tak hanya itu, Kepala Sekolah SMP Swasta Hayati Lilik Wardani, S.E mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan bantuan yang telah diberikan oleh Polres Dumai kepada SMP Swasta Hayati Jalan Pelajar Kelurahan Mekar Sari Kecamatan Dumai Barat.

“Semoga bantuan ini menjadi amal jariyah bagi seluruh personil Polri khususnya Polres Dumai karena telah membantu mencerdaskan generasi bangsa. Semoga dengan adanya bantuan ini dapat meningkatkan gemar membaca, semangat, rajin belajar dan supaya dapat menggapai cita-cita yang diinginkan,” harap Lilik Wardani, S.E.

Editor: T.Sitompul