Penggunaan Dana BOS SD Negeri 011 Dumai Dipertanyakan

0
452

sd-rusakDUMAI,WARTAPENARIAU.com-Berangkat dari kondisi Sekolah Dasar (SD) Negeri 011 Kota Dumai tidak tersentuh perawatan dari Dinas Pendidikan setempat, sejumlah elemen masyarakat di Kota Dumai mempertanyakan soal penggunaan anggaran Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang diterima sekolah itu.

Sebagaimana diketahui, bahwa seluruh sekolah dasar maupun sekolah menengah pertama di seluruh tanah air, baik swasta maupun negeri, semuanya menerima bantuan pemerintah berupa dana BOS.

Demikian dengan SD maupun SMP sederajat yang ada di bilangan Kota Dumai, termasuk  Negeri 011 Kota Dumai, hal yang sama menerima bantuan dan BOS lewat rekening sekolah masing-masing setiap per triwulan.

Mekanisme penggunaan dana operasional yang diterima oleh pengelola, notabene kepala sekolah masing-masing, cukup jelas diatur untuk dipergunakan sesuai peruntukannya demi kelancaran proses belajar dan mengajar.

Namun penggunaan dana BOS di Sekolah Dasar Negeri 011 Kota Dumai, belakangan ini menjadi perhatian sejumlah kalangan setelah berita kondisi sekolah SD N 011 terangkat ke tengah public di Kota Dumai.

Berangkat dari hal tersebut, soal penggunaan anggaran dana BOS di sekolah SD N 011 Dumai Kota ini pun menjadi perhatian dan pertanyaan sejumlah elemen masyarakat di Kota Dumai.

Ditengah suasana bahan pertanyaan soal penggunaan anggaran dana BOS oleh pengelola sekolah notabene oleh kepala sekolah SD N 011 Dumai Kota-Kota Dumai, salah seorang nara sumber media ini pun memberikan informasi soal penggunaan dana BOS SDN 011, diduga tidak sesuai peruntukannya.

Nara sumber media ini yang namanya tidak mau di ekspos, dalam suatu kesempatan mengatakan menaruh curiga terhadap kepala sekolah SD N 011 Dumai Kota soal penggunaan dana BOS yang diterima sekolah lebih kurang Rp 86 juta per triwulannya.

Berangkat dari pemaparan sumber media ini soal penggunaan dana BOS, yang diduga tidak tepat peruntukannya, crew media ini melayangkan surat konfirmasi tertulis ke sekolah tersebut dengan tujuan surat kepada kepala sekolah SD N 011 Dumai Kota.

Namun hingga berita ini kembali di rilis, kepala sekolah SD Negeri 011 Kota Dumai, belum merespon alias tidak mau mengklarifikasi konfirmasi wartawan crew media ini.

Karena kepala sekolah itu tidak bersedia mengklarifikasi konfirmasi tertulis, crew wartawan media ini mencoba konfirmasi kepada Sekretaris Dinas Pendidikan Pemerintah Kota Dumai, Ridwan.

Akan tetapi hal yang sama, sekretaris Disdik yang ditemui terpisah di ruang kerjanya kantor Disdik Pemko Dumai oleh crew media ini, juga tampak enggan memberikan klarifikasinya dengan alasan akan memanggil dulu kepala sekolah SD N 011 Dumai Kota.

“Nanti coba saya panggil dulu kepala sekolahnya, karena dia yang lebih tau soal konfirmasi ini,”ujar Ridwan seakan meyakinkan crew wartawan.

Akan tetapi, ditanya kemudian soal tindaklanjut konfirmasi tersebut lewat pesan singkat ke nomor ponselnya, Ridwan malah tidak memberikan jawaban.*** (Aston Tambunan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here