Pemuda Riau Hadirkan Beasiswa Anak Riau

0
201

RIAU,WARTAPENARIAU.com-Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Maju mundurnya suatu bangsa dipengaruhi oleh faktor pendidikan.

Jika pendidikan dalam suatu bangsa itu baik, maka akan dapat mencetak sumber daya manusia yang berkualitas baik dalam segi spiritual, intelegensi dan keterampilan.

Berdasarkan latar belakang tersebut, maka para pemuda di Riau berinisiatif untuk mendirikan sebuah acara bernama Beasiswa Anak Riau.

Beasiswa anak Riau adalah program beasiswa mentoring yang diinisiasi oleh komunitas pendidikan dan sosial 1001 Cita dan Lembaga Education dan Training KITA CENTER bekerja sama dengan Rumah Jamur Nando dan Rahman Printing.

Program ini memiliki tema “Membentuk Generasi Muda Riau yang Cerdas, Unggul, dan Berkualitas” Beasiswa Anak Riau bertujuan untuk mencari siswa/i SMA/SMK/MA terbaik di Provinsi Riau yang akan dibina serta mendapatkan pelatihan untuk menjadi anak muda yang kompetitif, inovatif, dan kreatif dalam menyongsong masa depan.

Pada dasarnya proses perkembangan seorang siswa/i SMA/SMK/MA dalam menghadapi tantangan hidup di masyarakat dan pekerjaan tentu saja tidak bisa hanya dibekali dengan hardskill melainkan juga perlu diimbangi dengan soft skill. “Setiap siswa harus diberikan kesempatan, wadah dan akses untuk melanjutkan pendidikan yang sama, wadah, dan akses yang seharusnya bisa dinikmati oleh siswa SMA/SMK/MA di Provinsi Riau dalam mengembangkan softskill untuk meningkatkan kecakapan dalam bermasyarakat dan bersaing di dunia pekerjaan,” kata Harezia Rayhan Fadhli selaku pendiri komunitas 1001 Cita sekaligus ketua pelaksana beasiswa anak Riau.

Kegiatan ini berlangsung pada 11-14 Maret 2021 dan diselenggarakan dengan pendanaan swadaya dari panitia, donasi dan bazar baju bekas serta sponsorhip dari para pelaku UMKM, namun tetap sukses terselenggara dengan baik dan telah  menjadi wujud nyata wadah untuk siswa/i SMA sederajat se-Riau.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Riau turut hadir membuka acara tersebut. Ia sangat mengapresiasi inisiatif hadirnya Beasiswa Anak Riau. “Saya sangat mengapresiasi Anak-anak muda Riau yang berumur 19-25 tahun ini, masih muda sudah mampu  menginisiasi Program seperti ini. Provinsi Riau butuh program-program yang positif seperti ini dari para anak mudanya,”kata Boby Rachmat, Kadispora Provinsi Riau.

Acara ini diikuti oleh ratusan peserta dari siswa/I SMA/SMK/MA di Provinsi Riau. Para penerima Beasiswa Anak Riau harus melalui serangkaian seleksi diantaranya seleksi administrasi, video kreatif  dan gagasan penalaran serta wawancara hingga menjadi 20 peserta terpilih. Adapun fasilitas yang didapatkan yaitu dana apresiasi senilai Rp.1.000.000 per Beswan kategori Umum dan Rp.2.000.000 per Beswan kategori Tahfidz, mengikuti pelatihan dan karantina selama 4 hari, mendaptakan produk dan layanan sponsorship, mentoring selama 3 bulan dan berkesempatan untuk mengikuti program intership (magang).

Bagi para peserta, pengalaman mengikuti rangkaian kegiatan Beasiswa Anak Riau merupakan pengalaman yang berkesan dan berharga dalam hidup mereka. R. Mia Septya, siswi SMAN Pintar Provinsi Riau, sebagai Beswan Beasiswa Anak Riau kategori umum menuturkan Beasiswa Anak Riau merupakan suatu gagasan atau permulaan yang sangat luar biasa, meskipun di tahun pertama, tetapi terkesan sangat luar biasa.

Adanya beasiswa anak Riau diharapkan mampu menjadi lecutan semangat untuk pemuda di Riau sehingga mampu memiliki inisitif dan berkreasi untuk mengadakan seuatu program yang dapat meningkatkan kualitas generasi penerus bangsa dan mampu menciptakan kesetaraan peluang di Indonesia.***(Mela Kusmiati)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here