Mahasiswa Fakultas Kedokteran Unri Terbitkan Buku Cerita Berbasis Kesehatan

0
411

PEKANBARU,wartapenariau.com-Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau, Aditya Zairian, menerbitkan sebuah buku cerita berbasis kesehatan berjudul Obat Kenanganku (Obesitas Itu Berat, Kamu Nggak Akan Kuat).

Pembuatan buku ini dilatarbelakangi atas permasalahan kesehatan yang marak terjadi pada remaja yaitu obesitas. “Prevalensi obesitas pada remaja Indonesia cukup tinggi, tetapi pengetahuan tentang obesitas masih rendah,  itu merupakan salah satu faktor mengapa obesitas dapat terjadi. Remaja yang kurang memahami tentang obesitas dan memiliki pola hidup yang buruk, dapat berisiko mengalami obesitas,”ujar Adit.

“Berdasarkan permasalahan tersebut, saya memiliki inovasi untuk mencegah obesitas melalui media literasi yaitu buku cerita,” ujar mahasiswa angkatan 2016 itu.

Ia juga mengatakan bahwa saat ini banyak buku cerita yang mengambil topik tentang cinta, horror, maupun komedi, tetapi belum ada yang mengambil topik tentang kesehatan sehingga inovasi ini dapat menjadi peluang yang besar nantinya.

Buku yang telah mendapat ISBN ini, berisi tujuh topik tentang obesitas yang dimuat dalam setiap judul cerita. Topik tersebut adalah definisi obesitas, indeks massa tubuh, tipe obesitas, hubungan obesitas dengan diabetes, hubungan obesitas dengan penyakit jantung koroner, pentingnya olahraga, dislipidemia, dan kecukupan gizi.

“Materi tentang obesitas dimasukkan ke dalam dialog antar tokoh dan diakhir cerita terdapat rangkuman materi obesitas dari setiap judulnya. Diharapkan, pembaca tidak hanya menikmati jalan cerita, tetapi juga mendapat pengetahuan,” kata anak yang berasal dari Selatpanjang itu.

Adapun yang menjadi keunggulan dari buku ini adalah judul buku yang menarik, memuat tujuh topik obesitas dalam tujuh cerita yang berbeda, diakhir cerita terdapat rangkuman materi obesitas, tersedia dalam bentuk digital, dan memiliki akun media sosial.

“Buku ini telah dipatenkan dan mendapat sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) sehingga dapat perlindungan dari plagiarisme,”ujar Adit.

Masyarakat Provinsi Riau sangat antusias dengan hadirnya buku Obat Kenanganku. Buku ini telah diedarkan ke beberapa daerah di Riau dan mendapat respon positif.

“Respon masyarakat sangat baik dan saya senang dengan hal tersebut. Buku ini telah diedarkan di Pekanbaru, Kepulauan Meranti, dan Bengkalis. Saya harap buku ini dapat disebarluaskan ke seluruh daerah di Riau dan bahkan se-Indonesia,”sambungnya.***(Ts)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here