Kadis Sosial Kota Dumai Klarifikasi Berapa Besarnya Bansos Dari Pemerintah Pusat

0
668

DUMAI,WARTAPENARIAU.com-Kepala Dinas Sosial Kota Dumai, Hasan Basri S.Kom, klarifikasi terkait berapa besarnya anggaran bansos yang telah digelontorkan Pemerintah Pusat kepada Dinas Sosial Kota Dumai.

Paket Sembako yang akan dibagikan kepada warga Dumai

“Untuk BST atau bantuan sosial tunai sebesar Rp 600.000,- per KK per bulan selama 3 bulan, ditargetkan untuk 14.871 KK. Data baru tadi malam selesai dupload ke Pusdatin Kemensos RI,”jelas Kepala Dinas Sosial Kota Dumai, Hasan Basri.

Lebih lanjut Hasan Basri menjelaskan, selain itu ada juga penerima program Keluarga Harapan (PKH) dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BPNT) sebanyak lebih kurang 9 ribu KK, sehingga total bantuan dari Kemensos RI sebanyak 24 ribu KK, dengan rincian paket sembako 300.000,- dan uang tunai Rp. 300.000,- per bulan selama 3 bulan.

20 ribu KK bantuan dari Pemda dengan rincian 300 ribu berbentuk sembako dan 300 ribu berbentuk uang tunai.

Jadi rencana total bantuan lebih kurang 42 ribu KK. Angka ini belum final tergantung kondisi di lapangan.

“Bisa berlebih, bisa kurang dari itu. Kalau memang ada masyarakat yang berhak menerima,namun belum terdaftar, silahkan nanti daftar di Kelurahan karena rencana besok data calon penerima untuk verivikasi akhir,”pesan Kepala Dinas Sosial Kota Dumai, Hasan Basri kepada wartapenariau.com, hari ini Selasa (5/5/2020).

Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Kota Dumai, dr.Syaiful, SKM, Ketika dikonfirmasi via telepon genggamnya, terkait anggaran Gugus Tugas Covid-19 Kota Dumai dari Pemerintah Pusat, hari ini Selasa (5/5/202), mengatakan, Pemerintah Kota Dumai tidak ada mendapat anggaran dari Pemerintah Pusat untuk bantuan sosial bagi masyarakat terdampak Covid-19 di Kota Dumai.

“Hingga saat ini tidak ada anggaran bantuan sosial yang digelontorkan Pemerintah Pusat. Tapi nanti saya tanya dulu pak sekda. Nanti saya informasikan lagi,”ujar dr.Saiful.

Menurut dr.Syaiful, anggaran untuk Gugus Tugas Covid-19 Kota Dumai bersumber dari Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Kota Dumai sebesar Rp.100.000.000.000 (seratus miliar rupiah).

Penulis: JK.Situmeang

Editor  : T.Sitompul

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here