Gunung Nebo

0
393

YORDANIA,WARTAPENARIAU.com-GUNUNG NEBO adalah sebuah tebing yang menjulang di wilayah Yordania, sekitar 817 meter (2680 kaki) diatas permukaan laut. Dalam alkitab Kristen Gunung Nebo sebagai tempat Musa diizinkan untuk memandang “Tanah perjanjian”,yaitu pemandangan dari puncak nya memberikan panorama “Tanah Cuci” dan ke utara, sebelah sungai Yordan.

Kami merasakan dinginnya cuaca dipuncak gunung nebo, dan kencangnya angin membuat badan terasa kedinginan. Pemandangan dari puncak Gunung Nebo terlihat sebagian lembah sungai Yordan, Kota Yerikho di tepi Barat Yerusalem.

Setelah kami tiba dipuncak Gunung Nego, selanjutnya rombongan melakukan ibadah singkat di salah satu Rumah Ibadah percis di puncak Gunung Nebo tersebut.

Tuhan senantiasa melindungi perjalanan kami mulai dari Mesir, Israel, sungai Yordan dan sampai ke Yordania, yaitu Gunung Nebo. Seperti ada tertulis;”Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semuanya yang telah disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia. (1 Korintus 2: 9)

Renungan Firman Tuhan

Kematian Musa

ULANGAN 34 Kemudian naiklah Musa dari dataran Moab ke atas GUNUNG NABO,  yakni ke atas puncak Pisga, yang di tentangan Yerikho, lalu TUHAN memperlihatkan kepadanya seluruh negeri itu: daerah Gilead sampai ke kota Dan,  2 seluruh Naftali, tanah Efraim dan Manasye, seluruh tanah Yehuda sampai laut sebelah barat, 3 Tanah Negeb  dan lembah Yordan, lembah Yerikho, kota pohon korma itu, sampai Zoar.  4 Dan berfirmanlah TUHAN kepadanya: “Inilah negeri yang Kujanjikan dengan sumpah kepada Abraham, Ishak dan Yakub; demikian: Kepada keturunanmulah akan Kuberikan negeri itu. Aku mengizinkan engkau melihatnya dengan matamu sendiri, tetapi engkau tidak akan menyeberang ke sana.” 5 Lalu matilah s  Musa, hamba TUHAN itu, di sana di tanah Moab, sesuai dengan firman TUHAN. 6 Dan dikuburkan-Nyalah dia di suatu lembah di tanah Moab, di tentangan Bet-Peor, dan tidak ada orang yang tahu kuburnya sampai hari ini. 7 Musa berumur seratus dua puluh tahun, ketika ia mati; matanya belum kabur dan kekuatannya belum hilang. 8 Orang  Israel menangisi Musa di dataran Moab tiga puluh hari lamanya. Maka berakhirlah hari-hari tangis perkabungan karena Musa itu. 9 Dan Yosua bin Nun penuh dengan roh kebijaksanaan, sebab Musa telah meletakkan tangannya ke atasnya. Sebab itu orang Israel mendengarkan dia dan melakukan seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa. 10 Seperti Musa yang dikenal TUHAN dengan berhadapan muka, tidak ada lagi nabi yang bangkit di antara orang Israel, 11 dalam hal segala tanda dan mujizat, yang dilakukannya atas perintah TUHAN di tanah Mesir terhadap Firaun dan terhadap semua pegawainya j  dan seluruh negerinya, 12 dan dalam hal segala perbuatan kekuasaan dan segala kedahsyatan yang besar yang dilakukan Musa di depan seluruh orang Israel.

Dalam Bilangan 20: 7 Tuhan berfirman kepada Musa: 8” Ambilah tongkatmu itu dan engkau dan Harun, kakakmu, harus menyuruh umat itu berkumpul; katakanlah di depan mata mereka kepada bukit batu itu supaya diberi airnya; demikianlah engkau mengeluarkan air dari bukit batu itu bagi mereka dan memberi minum umat itu serta ternaknya.”Lalu Musa mengambil tongkat itu dari hadapan Tuhan, seperti yang diperintahkan-Nya kepadanya. 10. Ketika Musa dan Harun telah mengumumkan jemaat itu di depan bukit batu itu, berkatalah ia kepada mereka: “Dengarkan kepadaku, hai orang-orang durhaka, apakah kami harus mengeluarkan air bagimu dari bukit batu ini? 11 “Sesudah itu Musa mengangkat tangannya, lalu memukul bukit batu itu dengan tongkatnya dua kali, maka keluarlah banyak air, sehingga umat itu dan ternak mereka dapat minum.

12 Tetapi Tuhan berfirman kepada Musa dan Harun: “Karena kamu tidak percaya kepada-Ku dan tidak menghormati kekudusan-Ku di depan mata orang Israel, itulah sebabnya kamu tidak akan membawa jemaat ini masuk ke negeri yang akan Kuberikan kepada mereka.

13 Itulah mata air Meriba, tempat orang Israel bertengkar dengan Tuhan dan Ia menunjukkan kekudusan-Nya di antara mereka.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here