by

“Fraud Control Plan Sebagai Alat Pendeteksi Kecurangan”

DUMAI,WARTAPENARIAU.com-Senin (5/12/2022), digelar acara pengawasan Daerah Kota Dumai tahun 2022, bertempat di Hotel Grand Zuri Dumai, Kota Dumai.

Pada kesempatan itu, Inspektur Kota Dumai, Drs. Riki Dwi Woro, M.Si mengungkapkan, tujuan kegiatan gelar pengawasan ini, yaitu untuk meningkatkan efektifitas pengawasan di lingkungan Pemerintah Kota Dumai, yang mana tema gelar pengawasan tahun 2022 ini, “Fraud Control Plan (FCP) Sebagai Alat Pendeteksi Kecurangan”.

Dijelaskannya, sebelumnya sesuai tema yang diusung, FCP sendiri merupakan suatu program yang dirancang untuk melindungi organisasi dari kemungkinan kejadian fraud atau kecurangan, atau suatu pengembangan pengendalian yang dirancang secara spesifik untuk mencegah, mendeteksi, dan merespon kejadian berindikasi kecurangan.

“Integritas, etika, kebijakan yang terintegritas, serta adanya strategi pengendalian fraud, merupakan beberapa komponen yang harus kita miliki dan kita tanamkan dalam diri kita semua supaya kita dapat mencegah adanya perbuatan fraud yang ada di organisasi kita,” ungkapnya.

Disisi lain, Sekda Kota Dumai, Indra Gunawan mengatakan, implementasi FCP dirasa penting dilakukan Inspektorat Kota Dumai, untuk menilai dan terus memantau efektivitas operasional OPD guna mencegah terjadinya fraud atau kacurangan.

Editor: Agustina,S.Pd

Sumber: Diskominfotiksan Kota Dumai

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *