Drs Paruntungan Pane,MM Tampung Aspirasi Masyarakat Kelurahan Jaya Mukti

0
458
Jpeg

DUMAI,WARTAPENARIAU.com-Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Dumai, Drs Paruntungan Pane MM dari Fraksi NasDem, sukses melakukan masa reses di Jl. Siliwangi, Kelurahan Jaya Mukti,Kecamatan Dumai Timur, Sabtu (18/03/2017).

Kegiatan reses anggota DPRD Kota Dumai masa sidang I (Januari-April) tahun 2017, Drs Paruntungan Pane MM, kembali melakukan kunjungan ke daerah pemilihan II, Kecamatan Dumai Timur, untuk menampung  aspirasi masyarakat di kawasan Kelurahan Jaya Mukti.

Pengamatan awak media ini, hadir dalam acara tersebut beberapa orang ketua RT, tokoh masyarakat dan sekitar 350 orang masyarakat Kelurahan Jaya Mukti. Acara  dimulai sekitar pukul 16.30 Wib.

Drs Paruntungan Pane MM mengatakan bahwa DPRD Kota Dumai telah bekerja untuk memperjuangkan, bagaimana supaya administrasi pengurusan  Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) dan Akte kelahiran tidak dikutip biaya.

“Jadi untuk ke depan, apabila kita mengurus KTP, Kartu Keluarga, akte kelahiran dan yang menyangkut administrasi kependudukan, di dalam perda yang kami lahirkan tidak boleh lagi dikutip biaya administrasi kependudukan, karena semua biaya sudah dibebankan kepada keuangan negara,”terang Paruntungan.

Disarankan Paruntungan, kalau ada nanti instansi terkait yang melakukan kutipan terhadap biaya pengurusan KTP,Kartu Keluarga dan yang menyangkut administrasi kependudukan, boleh dilaporkan langsung ke pihak aparat terkait.

“Boleh juga dilaporkan kepada kami di kantor DPRD Dumai, supaya kita pertanyakan kepada instansi terkait, kalau ada lagi yang mengutip biaya untuk pengurusan KTP, KK dan akte kelahiran,”tegas Paruntungan Pane.

Selain itu, menurut Paruntungan Pane, bahwa DPRD Dumai telah merancang di dalam peraturan daerah, bagaimana supaya para pedagang-pedagang bisa berjualan dengan aman dan tidak boleh asal main gusur. Begitu juga dengan semua perusahaan-perusahaan yang ada di Kota Dumai supaya berpartisipasi sosial kepada masyarakat.

“Perusahaan jangan hanya mengeruk keuntungan saja dari Kota Dumai, padahal masyarakat hanya dapat polusi,”ungkapnya.

Untuk itu, anggota DPRD harus melakukan kegiatan masa reses, untuk menampung aspirasi masyarakat di daerah pemilihannya dan disampaikan di dalam rapat paripurna DPRD kota Dumai.

“Jadi, kalau ada hal-hal yang perlu kita usulkan dan untuk dimasukkan dalam rencana kerja pemerintah, boleh diusulkan melalui masa reses seperti saat ini. Karena setiap pelaksanaan pembangunan di daerah ini, tidak boleh direalisasikan tanpa melalui rencana kerja dan harus dimasukkan pemerintah ke dalam rencana kerja dan disesuaikan dengan anggaran,”terangnya.

Bahkan Drs Paruntungan dengan tegas mengatakan, bahwa dirinya tetap  akan terus menindaklanjuti laporan dari masyarakat, seperti halnya laporan warga soal penyaluran beras miskin (raskin) yang tak layak konsumsi  di daerah Kelurahan Jaya Mukti pada tahun 2016.

“Kita sebagai wakil rakyat langsung turun melakukan cross check ke kantor Lurah Jaya Mukti, ternyata kita temukan puluhan karung raskin yang tidak layak dikonsumsi manusia. Jadi saat itu, kita tekankan kepada pihak Bulog Dumai untuk mengganti raskin yang tak layak konsumsi itu,”ujar Paruntungan.

Selanjutnya  beberapa orang Ketua RT dan masyarakat mengusulkan beberapa hal, seperti pembuatan parit, pengelolaan limbah menjadi pupuk, penataan RKT, penambahan tiang listrik sekitar 30 tiang di kawasan Gang RT 17, pembuatan parit induk di sepanjang Jalan Siliwangi dan termasuk Gang Keluarga yang belum tersentuh pembangunan dari Pemerintah Kota Dumai.

Kemudian semua usulan-usulan masyarakat itu ditampung Drs Paruntungan, untuk disampaikan di dalam rapat paripurna DPRD Kota Dumai dan untuk dimasukkan di dalam rencana kerja Pemerintah.

“Semua aspirasi ini akan saya perjuangkan untuk dimasukkan ke dalam rencana kerja melalui lembaga Dewan, karena yang menentukan usulan-usulan ini bukan hanya satu orang anggota DPRD, tetapi ada aturan dan mekanisme yang harus dilalui. Namun demikian, saya sebagai perwakilan bapak, ibu, tentu akan berupaya semaksimal mungkin untuk menyampaikan usulan ini di dalam rapat paripurna untuk dimasukkan di dalam rencana kerja,”tandas Paruntungan Pane.

Penulis: Kriston

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here