Dinas Pertanian Labusel Silaturahmi Dengan Kelompok Tani Andalan Kecamatan Kotapinang

0
365

LABUSEL,WARTAPENARIAU.com-Dinas pertanian  Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) silaturahmi dengan pengurus Kelompok Tani Andalan (KTNA) se-Kecamatan Kotapinang, di aula Kantor Kepala Desa Mampang, Sabtu (27/4) di Desa Mampang, Kecamatan Kotapinang.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Hasan Basri Lubis, SP, MM dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan tersebut adalah untuk menggugah para kelompok tani agar terus berinovasi dan paparan materi yang disampaikan dapat membuat kemajuan dalam hidup pertanian.

“Kegiatan kita merupakan temu ramah dan bersilaturahmi dengan para Kelompok Tani Andalan (KTNA) se Kecamatan Kotapinang. Karena KTNA kita selama ini tidak aktif, boleh dibilangkan tidak ada kegiatan sama sekali. Jadi dalam hal ini, telah disampaikan dari para KTNA yang ada di seluruh kecamatan-kecamatan di Kabupaten Labuhanbatu Selatan ke Provinsi Sumatera Utara, maka diadakan revisi maupun perbaikan,” kata Hasan Basri Lubis.

Hasan mengakui bahwa banyak kendala-kendala yang sering terjadi bagi para petani dilapangan, yakni masih banyaknya kelompok tani yang belum mengurus persyaratan-persyaratan kelompok tani, seperti belum memiliki badan hukum dan akte notaris. “Karena banyak kelompok tani belum melengkapi persyaratan, sehingga kita takut memberikan bantuan pertanian itu dan di khawatirkan tidak tepat sasaran,” ujar Hasan Basri Lubis.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Labuhanbatu Selatan tersebut juga menghimbau, agar melengkapi data-data tersebut. “Nanti kalau sudah melengkapi, kita akan berikan kartu tani, jadi kalau nanti sudah mendapatkan kartu tani, maka kelompok tani tersebut akan mendapatkan bantuan sesuai yang mereka butuhkan,” jelas Hasan Basri Lubis.

Hasan Basri Lubis juga berharap, dengan adanya kegiatan temu ramah dan silaturahmi dengan pengurus kelompok tani andalan tersebut, agar semua KTNA yang ada di Kabupaten Labuhanbatu Selatan mempunyai data-data yang lengkap untuk bisa bermohon kepada pemerintah maupun CSR serta dapat meningkatkan produksi pertanian kedepannya.

Ketua Kelompok Tani Andalan (KTNA), Kabupaten Labuhanbatu Selatan melalui wakilnya, Hj Nurhasanah Harahap dalam kesempatan itu mengatakan, pihaknya siap untuk membantu dan membina serta memberikan inovasi kepada kelompok tani andalan yang ada diseluruh Kabupaten Labuhanbatu Selatan.***(Rindu Sitompul)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here