Upacara Penutupan Pembinaan Tradisi Pembaretan Bintara Remaja Gelombang II T.A. 2022

DUMAI, RIAU28 Views

DUMAI,WARTAPENARIAU.com-Kapolres Dumai, AKBP Nurhadi Ismanto, S.H, S.I.K, diwakili Wakapolres Dumai, Kompol Josina Lambiombir, S.H, S.I.K memimpin Upacara Penutupan Pembinaan Tradisi Pembaretan Bintara Remaja Gelombang II T.A. 2022 di Halaman Mapolres Dumai Jalan Jendral Sudirman No. 01 Kelurahan Buluh Kasap Kecamatan Dumai Timur, Senin (13/03/2023).

Dalam kesempatannya Wakapolres Dumai, Kompol Josina Lambiombir, S.H, S.I.K, secara simbolis memasangkan baret khas Samapta kepada 6 Bintara Remaja Gelombang II T.A. 2022 Polres Dumai yang diawali dengan penyiraman air sebagai tradisi upacara penutupan pembaretan tersebut.

Sebelumnya, Senin (13/03/2023) pagi sekira pukul 08.00 WIB, Kapolres Dumai AKBP Nurhadi Ismanto, S.H, S.I.K melakukan Pelepasan Pembinaan Tradisi Pembaretan Bintara Remaja Gelombang II T.A. 2022 yang dalam pelaksanaannya didampingi oleh Kasat Samapta Polres Dumai AKP M. Sahudi, S.H dan 12 Personil Sat Samapta Polres Dumai lainnya.

Materi kegiatan Pembinaan Tradisi Pembaretan Bintara Remaja Gelombang II T.A. 2022 meliputi pembinaan fisik, pelaksanaan kegiatan SAR terbatas, peraturan baris berbaris dan pengenalan alat pemadaman kebakaran lahan dan hutan di Kantor Manggala Agni Dumai.

Sementara lokasi kegiatan meliputi Halaman Polres Dumai, Jalan Jendral Sudirman, Jalan Bumi Ayu, Jalan Garuda, Jalan Pom Roy dan Jalan Soekarno – Hatta.

Dalam amanatnya, disampaikan Kapolres Dumai, AKBP Nurhadi Ismanto, S.H, S.I.K, bahwa pelaksanaan pembaretan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan semangat pengabdian, memupuk disiplin, patriotisme, jiwa korsa, loyalitas, kebersamaan dan untuk mengetahui lingkungan kerja yang ada diwilayah hukum Polres Dumai serta juga mempunyai makna yang khusus sebagai momentum bergabungnya Bintara Remaja Lulusan Diktuk Bintara Polri Gelombang II T.A. 2022 di Polres Dumai.

Sementara tujuan pembaretan, lanjut Kapolres Dumai, adalah untuk menanamkan jiwa kejuangan, kebanggan sebagai anggota Polri, kebersamaan, jiwa kesetiaan kepada bangsa dan negara untuk menjadi bhayangkara-bhayangkara Polri yang melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat.

Dilanjutkan Kapolres Dumai, melalui kegiatan ini akan membentuk karakter dan sosok personil yang tangguh, memiliki mental kejuangan yang tinggi, fisik yang prima, loyal dan siap melaksanakan tugas sebagai sosok pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

“Selain hal tersebut, juga dimaksudkan sebagai sarana untuk lebih memantapkan tekad dan semangat kita dalam menyongsong tantangan tugas ke depan yang semakin berat, menghadapi berbagai bentuk tantangan tugas tersebut, tentunya diperlukan kemantapan tekad dan semangat segenap bintara remaja sekalian,” ucap Kapolres Dumai AKBP Nurhadi Ismanto, S.H, S.I.K.

Tak hanya itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan dan sebagai penyegar, pembangkit dan penggugah semangat dalam meningkatkan kualitas tugas dan kewajiban, sehingga bisa bekerja secara profesional dan proporsional.

Kemudian, lanjutnya, kegiatan ini juga sebagai orientasi dan pengenalan lingkungan tugas dan peningkatan mental kejuangan, kecintaan terhadap Polres Dumai serta memupuk disiplin dan meningkatkan keterampilan serta kemampuan fisik bintara remaja.

“Dalam menjalankan tugas selanjutnya, saya berharap kepada para senior untuk memberikan pengayoman dan bimbingan kepada junior-juniornya, dan sebaliknya kepada para junior agar menunjukkan dan memberikan rasa hormat kepada seniornya,” pungkas Kapolres Dumai.

Sementara saat Upacara Penutupan Pembinaan Tradisi Pembaretan Bintara Remaja Gelombang II T.A. 2022, Wakapolres Dumai mengucapkan selamat bergabung di Polres Dumai.

“Saya mewakili Bapak Kapolres Dumaiz maupun secara pribadi dan atas nama seluruh pimpinan Polres Dumai mengucapkan selamat bergabung di Polres Dumai, selalu jaga kekompakan dan hindari melakukan pelanggaran sekecil apapun dalam pelaksanaan tugas karena para Bintara Remaja sekalian adalah penerus-penerus Polri dimasa depan yang akan dihadapkan pada berbagai tantangan, yang bersumber dari berbagai aspek kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara, dimana hal tersebut dipengaruhi perkembangan lingkungan strategis baik tingkat lokal, nasional, regional dan dunia global,” tutup Wakapolres Dumai Kompol Josina Lambiombir, S.H, S.I.K.

Turut hadir pada upacara penutupan tradisi pembaretan tersebut, yakni para Pejabat Utama Polres Dumai, para Perwira dan Bintara Polres Dumai serta perwakilan pengurus Bhayangkari Cabang Dumai.

Editor: Warta Pena Riau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *