Polsek Sungai Sembilan Bekuk Seorang Diduga Pelaku Pembakaran Hutan

DUMAI, HUKRIM, RIAU29 Views

DUMAI,WARTAPENARIAU.com-Kamis (16/03/2023), Unit Reskrim Polsek Sungai Sembilan jajaran Polres Dumai berhasil membekuk seorang pelaku pembakaran hutan ataupun lahan yang diketahui berinisial SM (44).

Kapolres Dumai, AKBP Nurhadi Ismanto, S.H, S.I.K, ketika dikonfirmasi melalui Kapolsek Sungai Sembilan, AKP Bonardo Purba, S.H,menjelaskan, pengungkapan bermula pada Rabu (15/03/2023) lalu, berdasarkan aplikasi Dashboard Lancang Kuning diketahui adanya titik hotspot di Jalan Mekar Mulia RT. 010 Kelurahan Batu Teritip Kecamatan Sungai Sembilan.

“Selanjutnya dilakukan verifikasi ke lokasi yang berjarak ±85 Km dari Polsek Sungai Sembilan, setibanya dilokasi pada hari Kamis tanggal 16 Maret 2023 sekira pukul 11.00 Wib, didapati lahan yang telah terbakar seluas 10 Ha dan langsung dilakukan upaya pemadaman bersama-sama dengan warga setempat,” jelas AKP Bonardo Purba, S.H, Jumat (17/03/2023).

Kemudian usai dilakukan penyelidikan dan berhasil membekuk SM (44), terhadap Unit Reskrim Polsek Sungai Sembilan jajaran Polres Dumai diakui SM (44), bahwa Selasa (14/03/2023) sekira pukul 17.00 WIB, dirinya selaku pemilik lahan telah melakukan pembersihan lahan dan membuat tempat bakaran berukuran ±2×2 meter di lahan miliknya yang berukuran 2 Ha.

“Kemudian SM (44) membakar tumpukan batang buah kulbi yang telah kering untuk membersihkan lahan dan menunggunya selama ±1 jam kemudian dipadamkan kembali oleh SM (44) dengan cara dipijak, setelah itu dirinya pulang kerumahnya yang berjarak ±1 Km dari lahan miliknya. Namun pada malam harinya sekira pukul 22.00 WIB, SM (44) melihat dari rumahnya api yang diduga dari lahan miliknya telah membesar dan SM (44) tidak ada melakukan upaya pemadaman hingga keesokan harinya SM (44) kembali untuk melihat lahan miliknya dan didapati dalam keadaan telag habis terbakar dan lahan sempadan juga turut habis terbakar seluas ±8 Ha,” ungkap AKP Bonardo Purba, S.H.

Diungkapkan Kapolsek Sungai Sembilan, bersama SM (44) turut diamankan barang bukti satu buah mancis warna hitam. SM (44) diduga dengan sengaja membakar lahan pada sore hari dengan tujuan supaya lahan terbakar pada malam harinya sehingga tidak diketahui dari mana sumber api setelah itu lahan akan bersih dan bisa dilakukan penanaman. Sementara posisi lahan yang terbakar merupakan kawasan hutan Hak Pengusahaan Hutan (HPH).

“Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, SM (44) akan dijerat pasal 78 ayat (3) Paragraf ke-4 (Kehutanan) Undang-Undang RI Nomor: 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja dan pasal 108 Undang-undang RI Nomor: 32 Tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup Jo Pasal 187 Jo 188 KUHPidana dengan ancaman pidana penjara sepuluh tahun,” pungkas Kapolsek Sungai Sembilan.

Sementara sebelumnya diketahui, Kapolres Dumai, AKBP Nurhadi Ismanto, S.H, S.I.K tak henti-hentinya menghimbau seluruh masyarakat khususnya Kota Dumai untuk tidak membakar lahan sembarangan baik untuk membersihkan ataupun membuka lahan.

“Indonesia saat ini mengalami perubahan cuaca  el-nino sehingga menimbulkan kondisi yang lebih kering dan bisa menyebabkan kemarau cukup panjang. Jadi jangan membersihkan apalagi membuka lahan dengan membakar, karena Polres Dumai beserta Polsek jajaran Polres Dumai akan menindak tegas pelaku yang mengakibatkan Karhutla,” tegas Kapolres Dumai.

Editor: Warta Pena Riau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *