Pelantikan Anggota PPK Pemilihan Walikota Dan Wakil Walikota Dumai Tahun 2020

DUMAI, POLITIK, RIAU55 Views

DUMAI,WARTAPENARIAU.com-Bertempat di gedung Pendopo Sri Bunga Tanjung,Jl.Putri Tujuh Kota Dumai, Sabtu (29/02/2020), KPU Kota Dumai melakukan pelantikan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Dumai tahun 2020.

Pelantikan tersebut dihadiri Wakil Walikota Dumai, Eko Suharjo SE, Asisten I Walikota bidang pemerintahan, Kesra Drs H Hamdan Kamal M.Si,Kakan Kesbangpol, Eko Wardoyo, Kadisdukcapil, Suardi S.Sy, Kapolres Dumai AKBP Andri Anantha Yudistira, S.I.K, MH yang diwakili oleh Kompol Syaifuddin, Dandim 0320/Dumai, Letkol (Inf) Irdhan SE, MM yang diwakili Kapten Junaedi dan para Camat se kota Dumai.

Dengan terlebih dahulu menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, para hadiri  mengambil posisi berdiri sebagai tanda hormat. Para PPK ditetapkan dan diangkat berdasarkan keputusan KPU Kota Dumai nomor. 21,22,23,24,25,26,27/PP.04.2-Kpt/1472/Kota/II/2020 tentang penetapan dan pengangkatan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kota Dumai tahun 2020 dengan jumlah 35 orang.

Pelantikan dan sumpah/janji jabatan sebagai anggota PPK dipandu oleh ketua KPU kota Dumai, Darwis. Penandatangan berita acara penetapan dan pengangkatan anggota PPK dilakukan oleh perwakilan PPK bersama dengan rohaniawan, Choirul Fikri dan ketua KPU Darwis. Acara juga diisi pembacaan pakta integritas para PPK.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kota Dumai Darwis mengucapkan selamat kepada para anggota panitia PPK yang baru dilantik, dengan masa tugas yang tinggal 9 bulan lagi, saat ini bekerja masih paruh waktu, namun semakin mendekati hari H semakin menyita waktu, supaya bekerja dengan giat dan seksama demi tercapainya pilkada serentak yang sukses September nanti.

“Karena kesuksesan KPU dalam pilpres kemarin, KPU Nasional kita sering diundang dan jadi pembicara di negara-negara lain. KPU adalah penyelenggara negara menurut Undang-Undang 1945. Sekalipun personelnya paling sedikit, namun keputusannya berdampak nasional bahkan  internasional,” tegas Ketua KPU Dumai.

Dikatakan Ketua KPU, pilkada serentak itu sendiri prosesnya sudah dimulai pertama sekali di Jawabarat  pada 23 September 2019 lalu. Berdasarkan data pemilu tahun kemarin ada 269 daerah yang menyelenggarakan pemilu. 17 daerah yang tidak terlibat sengketa, termasuk Dumai. Di Riau, Dumai termasuk yang terbaik penyelenggaraan pilpresnya. Dumai juga yang terbaik dalam keterbukaan informasi. Dan 88,44% peserta DPTnya aktif dan terbanyak dalam pemilu.

Sementara itu, Wakil Walikota Dumai, Eko Suharjo SE, dalam sambutannya mengingatkan agar para anggota PPK harus ingat tupoksinya dan bekerjalah dengan baik. Up grade wawasan, literasi, edukasi dan teknologi untuk kelancaran pilkada,”imbau Wawako.

Menurut data KPU Dumai untuk pilkada tahun ini jumlah DPTnya mencapai ÷200.000 orang. Ini berarti bertambah 20.000 orang dari yang sebelumnya 180.000 orang.

Tampil sebagai pembaca doa rohaniawan Chairul Fikri. Usai di tutup para PPK berfoto bersama Wawako Eko Suharjo SE, Asisten I Walikota bidang pemerintahan dan kesra Drs H Hamdan Kamal M.Si, Ketua KPU Darwis dan jajaran forkopimda.***(JK)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *