Jangan Bodoh, Tetapi Usahakanlah Supaya Kamu Mengerti Kehendak Allah

AGAMA, DUMAI, RIAU60 Views

Mimbar Agama Kristen

DUMAI,wartapenariau.com-Ibadah Raya Minggu Jemaat Gereja Bethel Indonesia (GBI) Jalan Air Bersih Dumai, berjalan dengan penuh sukacita, Minggu (8/1/2017). Acara dimulai dengan menyanyikan lagu pujian penyembahan yang dipimpin oleh Risda Boru Simanurung.

Pendeta Yohanes Ismanto Simaremare dalam khotbahnya menyampaikan firman Tuhan dalam Efesus 5: 1-21, berkata: Sebab itu jadilah penurut-penurut Allah, seperti anak-anak yang kekasih, dan hiduplah di dalam kasih, sebagaimana Kristus Yesus juga telah mengasihi kamu dan telah menyerahkan diri-Nya untuk kita sebagai persembahan dan korban yang harum bagi Allah.

Tetapi percabulan dan rupa-rupa kecemaran atau keserakahan disebut sajapun jangan di antara kamu, sebagaimana sepatutnya bagi orang-orang kudus. Demikian juga perkataan yang kotor, yang kosong atau yang sembrono–karena hal-hal ini tidak pantas–tetapi sebaliknya ucapkanlah syukur.

Karena ingatlah ini baik-baik: tidak ada orang sundal, orang cemar atau orang serakah, artinya penyembah berhala, yang mendapat bagian di dalam Kerajaan Kristus dan Allah. Janganlah kamu disesatkanorang dengan kata-kata yang hampa, karena hal-hal yang demikian mendatangkan murka Allah atas orang-orang durhaka.

Sebab itu janganlah kamu berkawan dengan mereka. Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang, karena terang hanya berbuahkan kebaikan dan keadilan dan kebenaran, dan ujilah apa yang berkenan kepada Tuhan.

Janganlah turut mengambil bagian dalam perbuatan-perbuatan kegelapan yang tidak berbuahkan apa-apa, tetapi sebaliknya telanjangilah perbuatan-perbuatan itu. Sebab menyebutkan sajapun apa yang dibuat oleh mereka di tempat-tempat yang tersembunyi telah memalukan.Tetapi segala sesuatu yang sudah ditelanjangi oleh terang itu menjadi nampak, sebab semua yang nampak adalah terang.

Itulah sebabnya dikatakan: “Bangunlah, hai kamu yang tidur dan bangkitlah dari antara orang mati dan Kristus akan bercahaya atas kamu. Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, jjanganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat.

Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan. Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh dan berkata-katalah seorang kepada yang lain dalam mazmur, kidung puji-pujian dan nyanyian rohani. Bernyanyi dan bersoraklah bagi Tuhan dengan segenap hati.

Ucaplah syukur senantiasa atas segala sesuatu dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus kepada Allah dan Bapa kita dan rendahkanlah dirimu seorang kepada yang lain di dalam takut akan Kristus.

“Janganlah kamu bodoh, tetapi jadilah kita penurut-penurut Allah, seperti anak-anak yang kekasih. Kasih itu sabar, kasih itu murah hati, kasih itu tidak cemburu, kasih itu lemah lembut. Allah menghendaki kita supaya hidup kita di dalam kesabaran dan saling mengasihi. Bahkan Tuhan menghendaki supaya kita menjauhkan diri pencabulan,serakah, karena orang-orang yang hidup di dalam keserakahan tidak mendapat bagian di dalam Kerajaan Allah,”tandas Pendeta Yohanes kepada jemaat.

Lanjutnya, “Tuhan menghendaki kita supaya kamu tidak gampang disesatkan oleh orang dengan kata-kata hampa, karena hal-hal yang demikian mendatangkan murka Allah atas orang-orang durhaka. Janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah kamu mengerti kehendak Tuhan. Ucaplah syukur senantiasa atas segala sesuatu dalam nama Tuhan kita, dan hendaklah kamu penuh dengan Roh dan berkata-katalah seorang kepada yang lain dalam mazmur, kidung puji-pujian dan nyanyian rohani, ”tandas Yohanes.***.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *